Tinjauan Fiqih Muamalah terhadap Pelaksanaan Jual Beli Ikan dengan Metode Kilo Gebrus di Kolam Pemancingan Kang Lawan Desa Cimekar Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung

  • Naziel Bawarik Haslah Hukum Ekonomi Syariah, Universitas Islam Bandung
  • Zaini Abdul Malik Hukum Ekonomi Syariah, Universitas Islam Bandung
  • Arif Rijal Anshori Hukum Ekonomi Syariah, Universitas Islam Bandung
Keywords: Fiqih Muamalah, Jual Beli, Maisir

Abstract

Abstract. Syarif Alwi and Addys Aldizar stated that buying and selling according to language is the ownership of an asset by exchanging it for another asset, or exchanging a valuable asset for another valuable asset. Fishing itself was originally a community activity carried out to meet the food needs of the community itself or it could be said, initially fishing activity was oriented to earn a living. But as the times progress, many people choose fishing just for fun or just to chat with friends, friends or family. Qualitative descriptive research is research that is intended to tell and interpret existing data described through fish using the kilo gebrus method in the Kang Lawan fishing pond, Cimekar village, Cileunyi sub-district, Bandung regency. Viewed from the point of view of muamalah fiqh, this sale and purchase is classified as a sale and purchase that is false and contains elements of maisir (gambling). This is due to the pillars of buying and selling that are not fulfilled. Namely the lack of clarity regarding the number of fish purchased and obtained, as well as containing elements of luck or gambling in the practice of buying and selling, this can be seen from the number of fish that anglers can and bring home at the end, the results are not in accordance with the amount the fish that anglers buy and put into the fishing pond at the beginning, these results can be more or less than the number of fish that the fish anglers buy before being put into the fishing pond, also from different fishing results from each angler, some are get more results than other anglers, and there are also those who get less results, even though the anglers pay the same amount of money at the beginning.

Abstrak. Syarif Alwi dan Addys Aldizar menyatakan bahwa jual-beli menurut bahasa adalah kepemilikian suatu harta dengan cara ditukar dengan harta lainnya, atau penukaran suatu harta yang berharga dengan harta berharga lain. Memancing itu sendiri pada awalnya adalah aktifitas masyarakat yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat itu sendiri atau bisa dikatakan, pada awalnya aktifitas memancing itu berorientasi untuk mencari nafkah. Namun seiring berkembangannya zaman, masyarakat banyak yang memilih memancing hanya sekedar untuk bersenang-senang atau hanya sekedar unuk bercengkrama dengan teman, sahabat atau keluarga. Deskriptif kualitatif adalah penelitian yang dimaksudkan untuk menuturkan dan menafsirkan data yang ada digambarkan melalui kalimat yang akhirnya data tersebut disimpulkan, penelitian akan berisikan laporan data. Data tersebut berasal dari hasil observasi, interview/wawancara dan dokumentasi. Pelaksanaan jual beli ikan dengan metode kilo gebrus di kolam pemancingan kang Lawan desa Cimekar kecamatan Cileunyi kabupaten Bandung. Dilihat dari kacamata fiqih muamalah, jual beli tersebut tergolong kedalam jual beli yang bathil dan mengandung unsur maisir (perjudian). Hal ini disebabkan adanya rukun jual beli yang tidak terpenuhi. Yaitu ketidak jelasan mengenai jumlah ikan yang dibeli dan yang di dapat, serta mengandung unsur untung-untungan atau gambling dalam praktik jual belinya, hal ini dapat dilihat dari jumlah ikan yang para pemancing dapat dan di bawa pulang di akhir, hasil tersebut tidak sesuai dengan jumlah ikan yang para pemancing beli dan di masukkan kedalam kolam pemancingan di awal, hasil tersebut bisa lebih banyak atau lebih sedikit dari jumlah ikan yang para pemancing ikan beli sebelum dimasukkan kedalam kolam pemancingan, juga dari hasil pancingan yang berbeda-beda dari setiap pemancingnya, ada yang mendapatkan hasil lebih banyak daripada pemancing lain, dan ada juga yang mendapat hasil lebih sedikit, padahal para pemancing membayar dengan jumlah uang sama di awal.

Published
2023-01-23