Analisis Perilaku Konsumen Muslim dalam Penggunaan Produk Soju Non Alkohol

  • Reza Naftali Rahmayosa Hukum Ekonomi Syariah, Universitas Islam Bandung
  • D. Gandana Madjakusumah Hukum Ekonomi Syari'ah, Universitas Islam Bandung
  • Popon Srisusilawati Hukum Ekonomi Syari'ah, Universitas Islam Bandung
Keywords: Konsumen Muslim, Soju Non Alkohol

Abstract

Abstract. As Muslim consumers, we are encouraged to consume halal and thayyib food. At the same time, there are many food and beverage innovations made by home-based business actors. Including one trend of non-alcoholic soju which is an absorption of Korean soju alcohol. The purpose of this study is to find out how Muslim consumers are interested in using non-alcoholic soju products and how Muslim consumers behave in using non-alcoholic soju products. This research uses qualitative methods with a descriptive analysis approach and uses interview methods for the collection of research data. The results of the study also show that the interest of Muslim consumers towards the use of non-alcoholic soju products is quite high. This is due to the curiosity of the informants who on average know that alcoholic soju products are now available with non-alcoholic versions.The behavior of Muslim consumers in the use of non-alcoholic soju products shows that the informants interviewed by researchers for this study consider this non-alcoholic soju product to be halal because it does not use alcohol at all. Although on the bottle there is no halal logo from LPPOM MUI.

Abstrak. Sebagai konsumen muslim, kita dianjurkan mengkonsumsi makanan yang halal dan  thayyib. Beriringan dengan itu ragam inovasi makanan dan minuman yang dibuat oleh pelaku usaha rumahan mulai banyak. Termasuk salah satu trend soju non alkohol yang merupakan serapan soju  alkohol asal korea. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana minat konsumen muslim dalam menggunakan produk soju non alkohol dan bagaimana perilaku konsumen muslim dalam penggunaan produk soju non alkohol. Penelitian ini menggunakan petode kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif dan menggunakan metode wawancara untuk pengumpulan data penelitiannya. Dari hasil penelitian pun menunjukkan bahwa minat konsumen muslim terhadap penggunaan produk soju non alkohol ini cukup tinggi. Hal ini dikarenakan rasa penasaran dari informan yang rata – rata mengetahui produk soju alkohol kini tersedia dengan versi non alkohol. dan perilaku konsumen muslim dalam penggunaan produk soju non alkohol menunjukkan bahwa informan masih memperhatikan etika – etika konsumsi sebagai konsumen muslim mulai dari kehalalan, kehendak bebas, keadilan,  ketauhidan, sederhana, dan amanah. Perilaku konsumen muslim dalam penggunaan produk soju non alkohol menunjukkan informan yang diwawancarai peneliti untuk penelitian ini menganggap produk soju non alkohol ini halal karena memang tidak menggunakan alkohol sedikitpun. Meskipun di botol minumannya  belum ada logo halal dari LPPOM MUI.

Published
2022-07-29