Tinjauan Etika Bisnis dalam Islam pada Brand Equity
Abstract
Abstract. Islamic business ethics is a moral in running a business in accordance with Islamic values. In running a business, you must apply the principles that exist in Islamic business ethics. Mc_Shop is one of the online shops engaged in women's clothing. However, in Mc_Shop there are things that deviate from Islamic business ethics, namely not carrying out the principles of truth and balance. And Mc_Shop also did not apply brand equity to his business.This study aims to determine the application of Islamic business ethics in Mc_Shop and to find out the brand equity of Mc_Shop in Islamic business ethics. This type of research uses qualitative feld research (field research), the data sources carried out in this study are primary and secondary data sources, and the data collection techniques used are interviews and documentation. The data results are analyzed in three steps, namely data reduction, data presentation and conclusion making.Based on the research conducted, the result was obtained that Mc_Shop did not apply the principles of balance and truth. Mc_Shop does not provide information related to the product photos used, Mc_Shop uses product photos belonging to others without permission, and Mc_Shop does not apply brand equity well in their business because they use photos of other people's products without permission. Therefore, Mc_Shop do not carry out the principles and brand equity in accordance with Islamic business ethics.
Abstrak. Etika bisnis Islam merupakan akhlak dalam menjalankan bisnis yang sesuai dengan nilai-nilai Islam. Dalam menjalankan bisnis harus mengaplikasikan prinsip-prinsip yang ada pada etika bisnis Islam. Mc_Shop merupakan salah satu online shop yang bergerak di bidang pakaian wanita. Namun pada Mc_Shop terdapat hal-hal yang menyimpang dari etika bisnis Islam yaitu tidak menjalankan prinsip kebenaran dan keseimbangan. Dan Mc_Shop juga tidak mengaplikasikan brand equity pada bisnisnya tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan etika bisnis Islam pada Mc_Shop dan untuk mengetahui brand equity Mc_Shop dalam etika bisnis Islam. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif feld research (penelitian lapangan), sumber data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu sumber data primer dan sekunder, serta teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Hasil data di analisis dengan tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diperoleh hasil bahwa Mc_Shop tidak menerapkan prinsip keseimbangan dan kebenaran. Mc_Shop tidak memberikan informasi terkait foto produk yang digunakan, Mc_Shop menggunakan foto produk milik orang lain tanpa izin, Dan Mc_Shop tidak mengaplikasikan brand equity dengan baik dalam bisnisnya karena menggunakan foto produk milik orang lain tanpa izin. Maka dari itu Mc_Shop tidak menjalankan prinsip-prinsip dan brand equity sesuai dengan etika bisnis Islam.