Pengaruh Persepsi Konsumen terhadap Penerapan Manajemen Pariwisata Halal Pemandian Air Panas Sari Ater Kabupaten Subang Jawa Barat

  • Nur Kholifa Mija Hukum Ekonomi Syariah, Universitas Islam Bandung
  • Ifa Hanifia Senjiati Hukum Ekonomi Syari'ah, Universitas Islam Bandung
  • Ira Siti Rohmah Maulida Hukum Ekonomi Syari'ah, Universitas Islam Bandung
Keywords: pengaruh persepsi, penerapan manajemen pariwisata halal

Abstract

Abstract. Halal tourism is an activity that is supported by various facilities and services provided by the government, entrepreneurs and even the community who are able to meet sharia provisions. One of the halal tourism in Indonesia that already has a halal certificate is Sariater. based on the observation that the available bathing places are still mixed between men and women, this is a problem for research conducted by the author. The formulation and purpose of the study was to determine the effect of consumer perceptions on the implementation of halal tourism management. This research method uses quantitative research methods using simple linear regression analysis. The sample of this study amounted to 91 respondents. Collecting data using a questionnaire. The results of the study show that consumer perceptions have no effect on the application of halal tourism management, meaning that the Sari Ater hot spring still applies halal tourism management regardless of consumer perceptions.

Abstrak. Wisata halal adalah kegiatan yang didukung dengan berbagai fasilitas serta layanan yang disediakan oleh pemerintah, pengusaha bahkan masyarakat yang mampu memenuhi ketentuan syariah. salah satu wisata halal di Indonesia yang telah memiliki sertifikat halal adalah Sariater. berdasarkan observasi bahwa tempat pemandian yang tersedia masih tercampur antara laki – laki dan perempuan maka ini menjadi masalah penelitian yang dilakukan penulis. Rumusan dan tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi konsumen terhadap penerapan manajemen pariwisata halal. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi linear sederhana. Sampel penelitian  ini berjumlah 91 responden. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan persepsi konsumen tidak berpengaruh terhadap penerapan manajemen pariwisata halal artinya bahwa pemandian air panas sari ater tetap menerapakan manajemen pariwisata halal tanpa menghiraukan persepsi konsumen.

Published
2022-08-10