Analisis Konsep Jual Beli Imam Hanafi dan UU Perlindungan Konsumen terdahap Jual Beli Album K-Pop Melalui Media Sosial X

  • Reza Kusuma Wardani Hukum Ekonomi Syariah
  • Panji Adam Agus Putra
  • Neng Dewi Himayasari
Keywords: Jual Beli, Konsep Jual Beli Imam Hanafi, Perlindungan Konsumen

Abstract

Abstract. This research is motivated by the buying and selling of K-pop albums through social media X, where K-pop albums sold by the seller have contents that are given randomly. Therefore, there are buyers who feel disappointed because the contents of the K-pop album they have bought do not match what they want. The purpose of this research is to find out the concept of Imam Hanafi's sale and purchase of K-pop albums through social media X and the Consumer Protection Law. The research method used is qualitative with a juridical-empirical approach. By using data sources obtained through field observations on social media X and interviews with fans who have bought K-pop albums through social media X and literature studies such as journals, articles, and so on. The discussion in this study is related to Imam Hanafi's concept of buying and selling against buying and selling K-pop albums through social media X and the Consumer Protection Law. The results of this study are that the sale and purchase of K-pop albums on social media X in its pillars have been fulfilled but the conditions have not been fully met because there are still buyers who feel disappointed with the contents of the albums obtained randomly and cause losses. In the Consumer Protection Law, buyers are entitled to compensation if the goods they buy are not suitable. So it can be concluded that the sale and purchase of K-pop albums according to Imam Hanafi does not meet the requirements and in the Consumer Protection Law the buyer has the right to compensation.

Abstrak. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh jual beli album K-pop melalui media sosial X yang dimana album K-pop yang dijual oleh pihak penjual terdapat isi yang diberikan secara acak. Oleh karena itu, terdapat pembeli yang merasa kecewa karena isi album K-pop yang telah dibelinya tidak sesusai dengan yang diinginkan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui konsep jual beli Imam Hanafi terhadap jual beli album K-pop melalui media sosial X serta Undang-undang Perlindungan Konsumen. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan yuridis-empiris. Dengan menggunakan sumber data yang didapat melalui observasi lapangan pada media sosial X dan wawancara kepada penggemar yang pernah membeli album K-pop melalui media sosial X serta studi literatur seperti jurnal, artikel, dan lain sebagainya. Pembahasan dalam penelitian ini terkait konsep jual beli Imam Hanafi terhadap jual beli album K-pop melalui media sosial X serta Undang-Undang Perlindungan Konsumen. Hasil penelitian ini jual beli album K-pop dalam media sosial X dalam rukunnya sudah terpenuhi tetapi dalam syaratnya belum sepenuhnya terpenuhi karena masih terdapat pembeli yang merasa kecewa dengan isi album yang didapat secara acak dan menimbulkan kerugian. Dalam Undang-Undang Perlindungan Konsumen pembeli berhak mendapatkan ganti rugi apabial barang yang dibelinya tidak sesuai. Sehinggan dapat disimpulkan jual beli album K-pop menurut Imam Hanafi tidak memenuhi syarat dan dalam Undang-Undang Perlindungan Konsumen pembeli memiliki hak untuk mendapatkan ganti rugi.

References

Haryono, Cosmos Gatot, Ragam Metode Penelitian Kualitatif Komunikasi (Jakarta: CV Jejak, 2020)

Hidayat, Enang, Fiqh Jual Beli (Bandung: Remaja Rodakarya, 2015), hlm. 21.

Indah, Fiqh Al-Syafi-Iyah (Jakarta: Karya Indah, 1986)

Indriyani, Yunus M, Hadiyanto R. Analisis Akad Jual-beli Kain Gulungan dalam Penggunaan Hak Khiyar Menurut Fikih Muamalah. Jurnal Riset Ekonomi Syariah. 2021 Dec 23;1(2):68–77.

Nia Wulansari, Titin Suprihatin, Nanik Eprianti. Tinjauan Etika Bisnis Islam pada Sanksi Blacklist terhadap Konsumen. Jurnal Riset Ekonomi Syariah. 2021 Oct 26;1(1):42–6.

Ratih Rahayu, Akhmad Yusup. Analisis Kesadaran Hukum dan Perlindungan Pelaku Usaha terhadap Konsumen tentang Kepemilikan Sertifikat Halal. Jurnal Riset Ekonomi Syariah. 2022 Dec 21;129–36.

Suhendi, Hendi, Fiqh Muamalah (Depok Rajawali Pres, 2019)

Sulistiani, Siska Lis, Hukum Perdata Islam: Penerapan Hukum Keluarga dan Hukum Bisnis Islam Di Indonesia (Jakarta: Sinar Grafika, 2022)

Syukran, Muhammad, ‘Perspektif Hukum Islam Terhadap Transaksi Jual Beli Online Dengan Model Periklanan’, Jurnal Tana Mana, 3.1 (2022), 39-47.

Tousiya, Syifa Manzilla dan Maman Surahman. 2021. Tinjauan Fikih Muamalah dan UU

No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen terhadap Transaksi Jual Beli

Dropshipping pada Marketplace X. Jurnal Riset Hukum Ekonomi Syariah, hlm. 94-103.

Published
2025-01-31