Pengaruh Sertifikasi Halal BPJPH terhadap Minat Beli di Restoran All You Can Eat ala Jepang

  • Icha Asiyah Andini Hukum Ekonomi Syariah, Universitas Islam Bandung
Keywords: Sertifikasi Halal, BPJPH, Minat Beli

Abstract

Abstract. Hachi Grill Sutami Bandung offers a popular Japanese-style All You Can Eat concept among consumers. In this context, halal certification by BPJPH (Indonesian Halal Product Assurance Organizing Agency) is a crucial factor that can affect the purchase intentions of Muslim consumers.This study aims to measure the impact of BPJPH halal certification on consumer purchase intentions at Hachi Grill Sutami Bandung using a quantitative method. A survey method was employed to gather data from a sample of Muslim consumers who are potential visitors to the restaurant. Data analysis was conducted using regression techniques to examine the relationship between the independent variable (BPJPH halal certification) and the dependent variable (purchase intention). The results of this research found that Hachi Grill Sutami Bandung has implemented and implemented Halal Certification. BPJPH Halal Certification also influences purchasing interest at the Japanese-style all you can eat restaurant Hachi Grill Sutami Bandung. This research is expected to provide a deeper understanding of the importance of halal certification in increasing Muslim consumers' buying interest in Japanese-style All You Can Eat restaurants in Indonesia. The practical implications of this research can help the management of Hachi Grill Sutami Bandung to improve marketing and service strategies that are more in line with the needs of Muslim consumers.

Abstrak. Restoran Hachi Grill Sutami Bandung menawarkan konsep All You Can Eat ala Jepang yang populer di kalangan masyarakat. Dalam konteks ini, sertifikasi halal oleh BPJPH (Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal) menjadi faktor krusial yang dapat mempengaruhi minat beli konsumen Muslim. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh sertifikasi halal BPJPH terhadap minat beli konsumen di restoran Hachi Grill Sutami Bandung dengan menggunakan metode kuantitatif. Metode survei digunakan untuk mengumpulkan data dari sampel konsumen Muslim yang merupakan pengunjung potensial restoran tersebut. Pengolahan data dilakukan dengan teknik regresi untuk menganalisis hubungan antara variabel independen (sertifikasi halal BPJPH) dan variabel dependen (minat beli).Hasil penelitian ini ditemukan bahwa Hachi Grill Sutami Bandung telah melaksanakan dan menerapkan Sertifikasi Halal. Sertifikasi Halal BPJPH juga berpengaruh terhadap minat beli di restoran all you can eat ala Jepang Hachi Grill Sutami Bandung. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih dalam mengenai pentingnya sertifikasi halal dalam meningkatkan minat beli konsumen Muslim terhadap restoran All You Can Eat ala Jepang di Indonesia. Implikasi praktis dari penelitian ini dapat membantu manajemen Hachi Grill Sutami Bandung untuk meningkatkan strategi pemasaran dan pelayanan yang lebih sesuai dengan kebutuhan konsumen Muslim.

References

Adam, Panji. Fikih Muamalah Adabiyah, Bandung : PT Refika Aditama, 2018.

Barlian, Eri . Metodelogi Penelitian Kualitatif (Padang, Sukabina Press,2016).

Bungin, Burhan. Metode Penelitian Kuantitatif. Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik Serta Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya (Jakarta: Prenada Media Grup,2005).

Conny R, Semiawan. Metode Penelitian Kualitatif: Jenis, Karakteristik dan Keunggulannya (Jakarta: Grasindo,2010).

Durrotul Faridah, Hayyun. Sertifikasi Halal di Indonesia, sejarah, perkembangan dan implementasi (Surabaya, Pusat Riset dan Pengembangan Produk Halal,UNAIR 2019)

Harsojuwono, Bambang. Statistika Penelitian (Malang, Madani Media,2020).

Kotler, Philip “Manajemen Pemasaran,Jilid I dan II”, Jakarta: PT.indeks, 2005,

Kurniawan, Gogi. Prilaku Konsumen pada Pembelian Beras Organik. Cet.Pertama 2020

Qaradhawi, Yusuf. Halal dan Haram Dalam Islam ( Jakarta; Rabbani press 2000),

Sopa, "Sertifikasi Halal Majelis Ulama Indonesia Studi atas Fatwa Halal MUI terhadap Produk Makanan,Obat-obatan dan Kosmetika”. Gaung Persada Press Group Jakarta, Desember 2013 Cet.Pertama

Sugiyono, Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D, (Bandung, Alfabeta, 2015),

Training Pemahaman SJH MUI Shabu Hachi & Hachi Grill 2020

Nurfadilah, F., & Rohmah Maulida, I. S. (2023). Analisis Perilaku Konsumtif Mahasiswa Fakultas Syariah Unisba terhadap Penggunaan Shopeepaylater ditinjau dari Etika Konsumsi dalam Islam. Jurnal Riset Ekonomi Syariah, 63–66. https://doi.org/10.29313/jres.v3i1.1751

Resti Risdianingsih, Asep Ramdan Hidayat, & Yayat Rahmat Hidayat. (2023). Analisis Fikih Muamalah tentang Hadiah Bersyarat Melalui Cashback di E-Commerce Lazada. Jurnal Riset Ekonomi Syariah, 99–104. https://doi.org/10.29313/jres.v3i2.2805

Swanty Maharani, & Akhmad Yusup. (2022). Analisis Pendapat Madzhab Imam Syafi’i tentang Jual Beli Pesanan dan Implementasinya pada E-Commerce Shopee. Jurnal Riset Ekonomi Syariah, 41–46. https://doi.org/10.29313/jres.v2i1.793

Published
2024-08-15