Analisis Fikih Muamalah terhadap Keabsahan Tingkatan Gharar dalam Praktik Jual Beli Mystery Box
Abstract
Abstract. The practice of buying and selling mystery boxes that are often traded in various marketplaces, one of which is Shopee is rampant among the public, Mystery box is defined as a mystery box where neither the seller nor the buyer will know exactly what will be sent. The practice of buying and selling reaps pros and cons, especially according to Islamic experts because of the element of gharar in it. However, this gharar is divided into permissible gharar and impermissible gharar. The purpose of this study is to analyze how the scheme of the practice of buying and selling mystery boxes and to analyze the validity of the level of gharar contained in the practice of buying and selling. The method used in this study is a qualitative method with a normative juridical approach, the data used is primary data obtained from the results of interviews and secondary data obtained from various relevant literature. The results of this study conclude that the scheme of buying and selling mystery boxes includes: a. online shopee uploads products, b. consumers read and choose products, c. consumers agree to the offer, d. The consumer places an order, e. the consumer confirms the order and the seller processes the delivery, f. the seller sends the goods using expedition services, g. the goods are received by the consumer. The validity of the level of gharar contained in the practice of buying and selling mystery boxes is a heavy gharar or gharar fahisy, because the gharar is in the tijari contract, and this gharar can cause disputes between the two parties and there is no element of urgent interest for consumers. Therefore, in this practice of buying and selling, the contract can be canceled and based on its nature, including the ghairu sahih contract.
Abstrak. Praktik jual beli mystery box yang kerap diperjualbelikan diberbagai marketplace salah satunya Shopee marak terjadi di kalangan masyarakat. Mystery box diartikan sebagai kotak misteri dimana baik penjual ataupun pembeli tidak akan mengetahui secara pasti apa yang akan dikirimkan. Praktik jual beli tersebut menuai pro dan kontra khususnya menurut pakar Islam karena unsur gharar di dalamnya. Meskipun demikian gharar ini terbagi menjadi gharar yang diperbolehkan dan gharar yang tidak diperbolehkan.Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana skema praktik jual beli mystery box dan untuk menganalisis keabsahan tingkatan gharar yang terkandung dalam praktik jual beli tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan yuridis normatif, data yang digunakan yaitu data primer yang didapatkan dengan hasil wawancara dan data sekunder didapatkan dari berbagai literature yang relevan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa skema praktik jual beli mystery box diantaranya : a. online shope mengunggah produk, b. konsumen membaca dan memilih produk, c. konsumen menyetujui penawaran, d. konsumen membuat pesanan, e. konsumen mengonfirmasi pesanan dan penjual memproses pengiriman, f. penjual mengirimkan barang menggunakan jasa ekpedisi, g. barang diterima oleh konsumen. Adapun keabsahan tingkatan gharar yang terkandung pada praktik jual beli mystery box merupakan gharar berat atau gharar fahisy, karena gharar ini dapat menimbulkan perselisihan di antara kedua belah pihak dan gharar tersebut berada pada akad tijari serta tidak ada unsur kepentingan mendesak bagi konsumen. Oleh karenanya pada praktik jual beli ini akadnya dapat batal dan berdasarkan sifatnya termasuk akad ghairu shahih.
References
Permana I. Hadist Ahkam Ekonomi. 1st ed. Sukanti A, editor. Jakarta: AMZAH; 2020.
Nurhasanah N. The Internalisation of Hisbah Principles in OJK Regulations on Islamic Banking Compliance Supervision. Al-Uqud J Islam Econ. 2021;5(2).
Nurrachmi I, Setiawan. Peran Koperasi Syariah Sebagai Pusat Kegiatan Muamalah Jamaah Masjid (Studi Kasus Koperasi Syariah Baitul Mu’min Komplek Pasir Jati, Desa Jati Endah Kecamatan Cilengkrang Kabupaten Bandung). MIZAN Wacana Hukum, Ekon dan Keagamaan. 2020;7.
Idris M. Pengertian E-commerce dan Bedanya dengan Marketplace [Internet]. Kompas.com. 2022 [cited 2024 Apr 6]. Available from: https://money.kompas.com/read/2021/09/11/191943626/pengertian-e-commerce-dan-bedanya-dengan-marketplace
Indonesia S. Panduan Penjualan Mystery Box (Kotak Misteri) [Internet]. Shoppe Indonesia. 2023 [cited 2024 Feb 23]. Available from: https://seller.shopee.co.id/edu/article/16760
Wahab MA. Gharar Dalam Transaksi Modern. Jakarta Selatan: Rumah Fiqih Publishing; 2019. 14 p.
Hidayat E. Dampak Garar Terhadap Keabsahan Akad Muamalah Kontemporer. J Syarikah. 2020;06:2.
Nurinayah. Praktik Gharar Dalam Transaksi Ekonomi Islam: Telaah Terhadap Kaidah Fiqhiyah. Tadayun J Huk Ekon Syariah [Internet]. 2023;4. Available from: Fiqhiyah rules, Gharar, Transaction
Pane I, Syazali H, Halim S, Karimuddin, Asrofi I, Fadhlan M, et al. Fiqh Mu’amalah Kontemporer. Ridwan M, editor. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini; 2022.
Shopee. Aplikasi Shopee.
Putra PAA. Wawancara dengan Ahli Hukum Ekonomi Syariah. Bandung; 2024.
Adam P. Fikih Muamalah Kontemporer “Perkemabangan Akad-Akad dalam Hukum Ekonomi Syariah.” 1st ed. Malang: Intelegensia Media; 2021.
Sauqi M. Fiqih Muamalah. Jawa Tengah: CV Pena Persada; 2022.
Adiwarman A Karim & Oni Sahroni. Riba, Gharar, dan Kaidah-Kaidah Ekonomi Syariah : Analisis Fikih & Ekonomi. 1st ed. Jakarta: Rajawali Pers; 2015. 77 p.
Mufid M. Kaidah Fikih Ekonomi Dan Keuangan Kontemporer Pendekatan Tematis dan Praktis. 2nd ed. Jakarta: Kencana; 2021.
Shopee. Tentang Produk yang Dilarang Pusat Edukasi Penjual [Internet]. Shopee. 2024 [cited 2024 Jul 7]. Available from: https://seller.shopee.co.id/edu/article/6843
Febriadi SR. Wawancara dengan Ahli Hukum Ekonomi Syariah. Bandung; 2024.
Handriansyah ASU, Nurhasanah N, Nurrachmi I. Analisis Fiqh Muamalah dan Undang-Undang Jaminan Produk Halal terhadap Makanan Impor Belum Berlabel Halal. Bandung Conf Ser Sharia Econ Law. 2023;3.
Diki. Wawancara dengan Konsumen Mystery Box. Bandung; 2024
Wanda. Wawancara dengan Konsumen Mystery Box. Garut; 2024.
AAOIFI. Shari’ah Standards. Manama: Dar Al-Maiman; 2017.
Muslimin J. Filsafat Hukum Ekonomi Syariah Sketsa dan Aktualisasi. Alwi MM, editor. Tanggerang Selatan: CV Pustakapedia Indonesia; 2022.