Penerapan Analisis Konjoin untuk Mengukur Preferensi Wisatawan di Panti Tanjung Kerasak Kabupaten Bangka
Abstract
Abstract. Tourism activities have now become a necessity for people who are important to increase productivity in their daily lives. Bangka Belitung Province is an archipelago province that has a long coastline so that it has so many and varied beach tourism destinations. But it is very unfortunate that of the many beach tourism destinations owned in the South Bangka district, it is not maximized in the processing of beach tourism so that the attractiveness of visitors is less enthusiastic. It is important to know people's preferences for what kind of tourist destination they want, so that managers can maximize tourism management strategies that can attract many tourists. According to Ghozali (2011) in Saputra S (2020), conjoin analysis is used to determine how respondents perceive an object that has certain characteristics. In marketing research, conjoin analysis is used to determine how consumer preferences for various product designs. From the results of research with conjoin analysis, it shows that the stimuli that respondents are interested in are the existence of water tourism attractions, the existence of shelters and meeting points, good road networks, the existence of travel agents, the existence of community participation, and the existence of a security division, but from this the factor that has the highest utility value is the good road network factor followed in order by the community participation factor, the existence of a security division factor.
Abstrak. Kegiatan pariwisata saat ini telah menjadi kebutuhan bagi masyarakat yang penting untuk meningkatkan produktifitas dalam kesehariannya. Provinsi Bangka Belitung merupakan provinsi kepulauan yang memiliki garis pantai yang panjang sehingga memiliki destinasi wiasata pantai yang begitu banyak dan beragam. Namun sangat disayangakan dari sekian banyak destinasi wisata pantai yang dimiliki di kabupaten Bangka Selatan tidak dimaksimalkan dalam pengolahan wisata pantai sehingga daya tarik pengunjung kurang antusias. Penting untuk mengetahui preferensi masyarakat terhadap destinasi wisata seperti apa yang diinginkan, sehingga pengelola dapat memaksimalkan strategi pengelolaan pariwisata yang dapat mengundang banyak wisatawan. Menurut Ghozali (2011) dalam Saputra S (2020), analisis konjoin digunakan untuk mengetahui bagaimana persepsi responden terhadap suatu objek yang memiliki karakteristik tertentu. Dalam riset pemasaran, analisis konjoin digunakan untuk mengetahui bagaimana preferensi konsumen terhadap berbagai desain produk. Dari hasil penelitian dengan analisis konjoin menunjukan stimuli yang diminati responden adalah adanya antraksi wisata air, adanya shelter dan meeting poin, jaringan jalan baik, adanya agen perjalanan wisata, adanya partisipasi masyarakat, dan adanya divisi ke amanan, namun dari hal tersebut faktor yang memiliki nilai kegunaan tertinggi adalah faktor jaringan jalan baik di ikuti secara berurutan adanya faktor partisipasi masyarakat, adanya faktor divisi keamanan, adanya faktor shelter dan meeting point, adanya faktor atraksi wisata air, dan adanya faktor agen perjalanan wisata
References
Damanik Janianton dan Weber Helmut F. 2006. Perencanaan Ekowisata Dari Teori ke Aplikasi. Pusat Studi Pariwisata (PUSPAR) UGM dan Penerbit ANDI Yogyakarta.
Febrianingrum, Sri Rahayu., Nur Miladan, Hakimatul Mukaromah. Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Pariwisata Pantai Di Kabupaten Purworejo. http://jurnal.uns.ac.id/jdk. Desa-Kota, Volume 1, Nomor 2, 2019, 130-142. Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota Fakultas teknik Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Harsojuwono, Bambang Admadi., I Wayan Arnata, Gusti Ayu Kadek Diah Puspawati. Rancangan Percobaan: Teori, Aplikasi SPSS dan Excel. Juli 2011., Lintas Kata Publishing. Malang.
Morse, Janice M., Quantitative Nursing Research A Contempory Dialogue. 1991. Sage Publications, Inc. Printed in the United States of America.
Ridwan, Mohamad S.T., M.Sc., Dr. Windra Aini, M.M, Perencanaan Pengembangan Daerah Tujuan Pariwisata. Agustus 2019. Grup Penerbit CV BUDI UTAMA. Anggota TKAPI (076/DIY/2012)
Saputra S, Ilham. S.Stat. 2020. Penerapan Analisis Konjoin Untuk Menentukan Preferensi Konsumen Terhadap Kriteria Hotel Syariah (Studi Kasus: Sivitas Akademika Universitas Islam Bandung). Program Studi Statistika, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Islam Bandung.
Putri, A. K., & Suliadi. (2023). Rekomendasi Destinasi Wisata di Indonesia Menggunakan Metode Item2Vec. Jurnal Riset Statistika, 11–18. https://doi.org/10.29313/jrs.v3i1.1770