Analisis Mediasi dalam PLS-SEM untuk Pemodelan Kepuasan Pemustaka pada UPT Perpustakaan Universitas Islam Bandung
Abstract
Abstract. In the SEM method, multivariate analysis shows how a series of causal interactions are represented in a path diagram. Mediation analysis in PLS-SEM has the ability to interpret the indirect effect of each exogenous latent variable on endogenous latent variable in the model. This study aims to investigate the role of service quality intermediaries in the relationship between employee competence, library collections, library layout, and user satisfaction in the model analyzed using mediation analysis in PLS-SEM. In this study, primary data was used from active undergraduate students at the Bandung Islamic University who visited the library in 2022. The data includes user satisfaction as an endogenous latent variable ( ), employee competency as the 1st exogenous latent variable ( ), library collection as the 2nd exogenous latent variable ( ), library layout as the 3rd exogenous latent variable ( ), and service quality as a mediating variable or mediator ( ). Based on the research that has been done, it can be concluded that employee competence has a direct effect on service quality and service quality has a direct effect on user satisfaction. The results of the mediation analysis in PLS show that employee competence has a mediating effect significantly at the 5% level with the mediation model is full mediation and the magnitude of the parameter coefficient is 0,510 which means there is positive indirect effect. Where are the feasibility results of the model ( ) is 0,960 which means that the model used can explain the information contained in the research data by 96%.
Abstrak. Dalam metode SEM, analisis multivariat menunjukkan bagaimana serangkaian interaksi kausal direpresentasikan dalam diagram jalur. Analisis mediasi dalam PLS-SEM memiliki kemampuan untuk menginterpretasikan pengaruh tidak langsung antara masing-masing variabel laten eksogen terhadap variabel laten endogen dalam model. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki peran perantara kualitas pelayanan pada hubungan antara kompetensi pegawai, koleksi perpustakaan, tata ruang perpustakaan, dan kepuasan pemustaka dalam model yang dianalisis menggunakan analisis mediasi dalam PLS-SEM. Dalam penelitian ini menggunakan data primer dari mahasiswa aktif program sarjana Universitas Islam Bandung yang berkunjung ke perpustakaan pada tahun 2022. Data meliputi kepuasan pemustaka sebagai variabel laten endogen ( ), kompetensi pegawai sebagai variabel laten eksogen ke-1 ( ), koleksi perpustakaan sebagai variabel laten eksogen ke-2 ( ), tata ruang perpustakaan sebagai variabel laten eksogen ke-3 ( ), dan kualitas pelayanan sebagai variabel mediasi atau mediator ( ). Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa kompetensi pegawai berpengaruh langsung terhadap kualitas pelayanan dan kualitas pelayanan berpengaruh langsung terhadap kepuasan pemustaka. Untuk hasil analisis mediasi dalam PLS menunjukkan bahwa kompetensi pegawai terjadi efek mediasi secara signifikan pada taraf nyata 5% dengan model mediasi terbukti secara penuh atau sempurna (full mediation) pada model dan besarnya koefisien parameter sebesar 0,510 yang berarti terdapat pengaruh tidak langsung yang positif. Di mana hasil kelayakan model ( ) sebesar 0,960 artinya model yang digunakan dapat menjelaskan informasi yang ada dalam data penelitian sebesar 96%.
References
Hartono, J. M., & Abdillah, W. (2014). Konsep Aplikasi PLS (Partial Least Square) untuk penelitian empiris. Edisi I. Cetakan II, Yogyakarta.
Haryono, S., & Wardoyo, P. (2013). Structural Equation Modeling untuk Penelitian Manajemen Menggunakan AMOS 18.00. Bekasi: Intermedia Personalia Utama.
Herlina, M., Rifai, N. A. K., Sholeh, N. S. M., & Kurniaty, N. (2020). Halal awareness of muslim millennials toward cosmetics and skincare decision. Advances in Social Science, Education and Humanities Research. 409(SoRes 2019), 38–44.
Jonathan, S. (2010). Pengertian dasar structural equation modeling (sem). Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Ukrida, 10(3), 98528.
Nitzl, C., Roldan, J. L., & Cepeda, G. (2016). Mediation Analysis in Partial Least Squares Path Modelling: Helping Researchers Discuss More Sophisticated Models. Industrial Management and Data Systems, 119(9), 1849–1864.
Wulandari, A. P., & Rustiana, A. (2016). Pengaruh kompetensi profesional pustakawan, tata ruang dan fasilitas perpustakaan terhadap efektivitas layanan di kantor arsip dan perpustakaan daerah kota tegal (studi pengunjung tahun 2015/2016). Economic Education Analysis Journal, 3(1).