Analisis Pengaruh Bullying terhadap Kepercayaan Diri Mahasiswa Fakultas Mipa Universitas Islam Bandung Angkatan 2019

  • Avin Rahmadian Statistika, MIPA, Universitas Islam Bandung
  • Aceng Komarudin Mutaqin Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Islam Bandung
Keywords: Bullying, Kepercayaan Diri, Regresi

Abstract

Abstract. Bullying is an act of using power to hurt a person or group of people verbally, physically or psychologically so that the victim feels depressed, traumatized and helpless. In addition, bullying does affect an individual's self-confidence and interferes with the happiness of the subject or victim concerned. This study aims to determine whether there is an effect of bullying on the self-confidence of statistics students of the 2019 Islamic University of Bandung. The research method used is descriptive quantitative using a Likert scale and the number of samples taken is 100 respondents from Faculty of Mathematics and Natural Sciences Unisba class of 2019. The analysis technique used is regression analysis where the research results are significant regression coefficients or it can be said that bullying has a significant effect on Confidence of students of the Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Bandung Islamic University class of 2019.

Abstrak. Bullying adalah tindakan penggunaan kekuasaan untuk menyakiti seseorang atau sekelompok orang baik secara verbal, fisik maupun psikologis sehingga korban merasa tertekan, trauma dan tak berdaya. Selain itu bullying memang mempengaruhi kepercayaan diri seorang individu dan mengganggu kebahagiaan dari subjek atau korban yang bersangkutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh bullying terhadap kepercayaan diri mahasiswa statistika Angkatan 2019 Universitas Islam Bandung. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dengan menggunakan skala likert dan jumlah sampel yang diambil yaitu sebanyak 100 responden dari Mahasiswa Fakultas FMIPA Unisba angkatan 2019. Teknis analisis yang digunakan yaitu analisis regresi dimana hasil penelitiannya yaitu koefisien regresi signifikan atau dapat dikatakan Bullying berpengaruh secara signifikan terhadap Kepercayaan diri Mahasiswa Fakultas MIPA Universitas Islam Bandung angkatan 2019.

References

K. Kartika, H. Darmayanti, and F. Kurniawati, “Fenomena Bullying di Sekolah: Apa dan Bagaimana?,” PEDAGOGIA, vol. 17, no. 1, p. 55, Apr. 2019, doi: 10.17509/pdgia.v17i1.13980.

N. Elpemi and N. F. Isro’i, “Fenomena Cyberbullying Pada Peserta Didik,” Indones. J. Couns. Educ., vol. 1, 2020, doi: https://doi.org/10.32923/ijoce.v1i1.1138.

S. Samsu, “ANALISIS PENGAKUAN DAN PENGUKURAN PENDAPATAN BERDASARKAN PSAK NO. 23 PADA PT. MISA UTARA MANADO,” J. EMBA J. Ris. Ekon. Manajemen, Bisnis dan Akunt., vol. 1, 2013, doi: https://doi.org/10.35794/emba.1.3.2013.1862.

A. H. Suasapha, “SKALA LIKERT UNTUK PENELITIAN PARIWISATA; BEBERAPA CATATAN UNTUK MENYUSUNNYA DENGAN BAIK,” J. KEPARIWISATAAN, vol. 19, no. 1, pp. 26–37, Mar. 2020, doi: 10.52352/jpar.v19i1.407.

D. Firmansyah and Dede, “Teknik Pengambilan Sampel Umum dalam Metodologi Penelitian: Literature Review,” J. Ilm. Pendidik. Holistik, vol. 1, no. 2, pp. 85–114, Aug. 2022, doi: 10.55927/jiph.v1i2.937.

M. R. N. Alam and A. K. Mutaqin, “Pemodelan Distribusi Poisson-Sujatha pada Data Frekuensi Klaim Asuransi Kendaraan Bermotor di Indonesia,” Jurnal Riset Statistika, pp. 71–78, Jul. 2023, doi: 10.29313/jrs.v3i1.1944.

Published
2023-08-01