Multigroup SEM-PLS untuk Pemodelan Kemampuan Literasi Digital Masyarakat Desa

  • Erdanisa Aghnia Ilmani Statistika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Marizsa Herlina Statistika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Keywords: SEM-PLS, MGA-PLS, Kemampuan literasi digital

Abstract

Abstract. SEM-PLS (Partial Least Square) aims to test the predictive relationship between constructs by seeing whether there is a relationship or influence between constructs. Based on real data in the field, it often shows that the data pattern is not normally distributed, so a free and flexible distribution method is needed, namely SEM-PLS. One of the SEM-PLS approach methods is MGA-PLS (Multigroup-PLS) to compare data analysis based on sample data because it has different characteristics with 2 or more characters. Due to the development gap between cities and villages, the government has created a digital village program. The smooth running of the digital village program is also supported by the digital literacy capabilities of the community in the village. Then in this period there is still a digital divide between men and women, meaning that the digital use of men and women is still not balanced. The purpose of this study is to identify and model the factors that influence digital literacy skills, and to see whether or not there are differences in characteristics based on gender using the Multigroup Analysis - Partial Least Square (MGA-PLS) method. The exogenous variables are family environment, intensity of online media use, socioeconomic conditions. The endogenous variable used is digital literacy ability. Meanwhile, the moderating variable is gender. The results of the study using bootstrap estimation show that the three variables of the intensity of online media use, socio-economic conditions, and family environment affect digital literacy skills with an R-Square value of 66%. Then the results of research from Multigroup Analysis - Partial Least Square (MGA-PLS) showed that between male and female groups there was no difference in digital literacy ability.

Abstrak. SEM-PLS (Partial Least Square) bertujuan untuk menguji hubungan prediktif antar konstruk dengan melihat apakah ada hubungan atau pengaruh antar konstruk. Berdasarkan data real di lapangan seringkali menunjukkan pola data yang tersebar tidak normal, sehingga diperlukan suatu metode yang bebas distribusi (free distribution) dan fleksibel yaitu SEM-PLS. Salah satu metode pendekatan SEM-PLS adalah MGA-PLS (Multigroup-PLS) untuk membandingkan analisis data berdasarkan data sampel karena memiliki karakteristik yang berbeda dengan 2 atau lebih karakter. Akibat adanya kesenjangan pembangunan antara kota dan desa, maka pemerintah membuat program desa digital. Kelancaran jalannya program desa digital didukung juga oleh kemampuan literasi digital masyarakat di desa tersebut. Kemudian dalam masa ini masih terjadi kesenjangan digital antara pria dan wanita, artinya penggunaan digital pria dan wanita masih tidak seimbang. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui dan memodelkan faktor- faktor yang berpengaruh terhadap kemampuan literasi digitial, serta melihat ada atau tidak perbedaan karakteristik berdasarkan jenis kelamin menggunakan metode Multigroup Analysis - Partial Least Square (MGA-PLS). Variabel eksogen nya adalah lingkungan keluarga, intensitas penggunaan media online, kondisi sosial ekonomi. Variabel endogen yang digunakan adalah kemampuan literasi digital. Sedangkan untuk variabel moderasinya adalah jenis kelamin. Hasil penelitian menggunakan estimasi bootstrap menunjukkan bahwa ketiga variabel intensitas penggunaan media online, kondisi sosial ekonomi, lingkungan keluarga berpengaruh terhadap kemampuan literasi digital dengan nilai R-Square sebesar 66%. Kemudian hasil penelitan dariĀ  Multigroup Analysis - Partial Least Square (MGA-PLS) menunjukan bahwa antara kelompok pria dan wanita tidak memiliki perbedaan terhadap kemampuan literasi digital.

Published
2022-07-28