Deskripsi Data Korban Kecelakaan Berdasarkan Usia Korban di Provinsi Jawa Barat Tahun 2022-2023
Abstract
Abstract. Traffic accidents are one of the most serious problems to be addressed, with traffic accidents being the third biggest killer after HIV/AIDS and tuberculosis. In West Java Province, traffic accidents are increasing from year to year. This needs to be a special concern so that traffic accident victims do not get worse. Therefore, a study was conducted to visually determine the number of incidents and the percentage of age and position of accident victims in 2022 and 2023 using descriptive analysis, where the severity of accident victims is divided into two, namely death and injury. The highest age category is in the age range of 15-24 including the Youth group, where there are 586 victims in 2022-2023, while the age of 85-95 or the elderly is ranked the lowest with 52 accident victims, with these results the percentage of the number of accidents for children and adolescents has increased by 3.06% over the past 1 year.
Abstrak. Kecelakaan lalu lintas merupakan salah satu masalah yang cukup serius untuk ditangani, terbukti bahwa kecelakaan lalu lintas merupaan pembunuh terbesar ketiga setelah HIV/AIDS dan TBC. Di Provinsi Jawa Barat kecelakaan lalu lintas meningkat dari tahun ke tahun. Hal ini perlu menjadi perhatian khusus agar korban kecelakaan lalu lintas tidak semakin parah. Oleh karena itu dilakukan penelitian untuk mengetahui secara visual terkait banyaknya kejadian dan persentase dari usia dan kedudukan korban kecelakaan pada tahun 2022 dan 2023 menggunakan analisis deskriptif, dimana tingkat keparahan korban kecelakaan dibagi menjadi dua yakni meninggal dunia dan luka-luka. Kategori usia yang paling tinggi berada pada rentang usia 15-24 termasuk kedalam kelompok Remaja, dimana terdapat 586 korban pada tahun 2022-2023, sedangkan usia 85-95 atau lansia berada di peringkat paling rendah dengan jumlah 52 korban kecelakaan, dengan hasil tersebut persentase jumlah kecelakaan untuk kelompok anak – anak dan remaja mengalami peningkatan sebesar 3.06% selama 1 tahun terakhir.
References
C. J. Khisty, “Education and Training of Transportation Engineers and Planners Vis-à-Vis Public Involvement,” Transportation Research Record: Journal of the Transportation Research Board, vol. 1552, no. 1, pp. 171–176, Jan. 1996, doi: 10.1177/0361198196155200123.
Peraturan Pemerintah, “(PP) Nomor 43 Tahun 1993 tentang Prasarana Dan Lalu Lintas Jalan,” 1993.
S. Sonang, A. T. Purba, and F. O. I. Pardede, “PENGELOMPOKAN JUMLAH PENDUDUK BERDASARKAN KATEGORI USIA DENGAN METODE K-MEANS,” Jurnal Teknik Informasi dan Komputer (Tekinkom), vol. 2, no. 2, p. 166, Dec. 2019, doi: 10.37600/tekinkom.v2i2.115.
R. E. Walpole and H. M. Raymond, Ilmu Peluang Dan Statistika untuk Insinyur dan Ilmuawan, 4th ed. Penerbit ITB, 1995.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, 3rd ed. Bandung: Alfabeta, 2007.
L. M. Nasution, “ STATISTIK DESKRIPTIF,” Jurnal Hikmah, vol. 14, no. 1, 2017.
Izzatul Aliyyah, Hafiyusholeh, Moh., Hamid, A., & Prasetijo, D. (2024). Analisis Proyeksi Kebutuhan Air Bersih di PDAM Tirta Dharma Kota Pasuruan Menggunakan Population Forecasting Method. Statistika, 24(1), 11–19. https://doi.org/10.29313/statistika.v24i1.2271
Rahmawati, F., Amanah, F., & Fallo, S. I. (2024). Studi Komparasi Regresi Logistik Biner dan K-Nearest Neighbor Pada Kasus Prediksi Curah Hujan. Statistika, 24(1), 20–30. https://doi.org/10.29313/statistika.v24i1.2739
Widyaningsih, Y., Rahmawati, A., & Soemartojo, S. M. (2024). Analisis Variabel-Variabel yang Menjelaskan Tingkat Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa FMIPA Universitas XYZ. Statistika, 24(1), 31–39. https://doi.org/10.29313/statistika.v24i1.3054