Analisis Faktor pada Strategi Content Marketing, Sosial Media, Influencer, Tren Digitalisasi, serta Pengalaman Konsumen terhadap Minat Beli Produk Bittersweet by Najla pada Mahasiswa Statistika Universitas Islam Bandung Angkatan 2020

  • Aliya Maharani Statistika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Islam Bandung
  • Syifa Rahmawati Lestari
Keywords: Analisis Faktor, Minat Beli, Bittersweet By Najla

Abstract

Abstract. Bittersweet by Najla, a leading brand in the Food and Beverage (FnB) industry, currently employs content marketing strategies in its marketing efforts. Additionally, this pioneer in dessert boxes leverages influencers, social media, and consumer experiences as intermediaries or tools for its content marketing. This study aims to identify the factors influencing the purchasing interest of the 2020 cohort of Statistics students at the Islamic University of Bandung towards Bittersweet by Najla products through content marketing strategies and the use of social media. The validity and reliability of the research instruments were tested using factor analysis methods. The analysis results indicate that all variables are suitable for factoring, with one factor being formed. This suggests that the analyzed variables are strongly correlated and can be grouped into a single significant factor. The factor influencing the purchasing interest in Bittersweet by Najla products consists of content marketing, social media, influencers, digitalization trends, and consumer experience variables.

Abstrak. Salah satu brand Food and Beverage (FnB) yaitu Bittersweet by Najla saat ini menggunakan strategi content marketing dalam pemasarannya. Selain itu, brand pelopor dessert box ini juga memanfaatkan adanya influencer, sosial media, serta pengalaman konsumen sebagai perantara atau sebagai alat content marketing mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi minat beli mahasiswa Statistika Universitas Islam Bandung angkatan 2020 terhadap produk Bittersweet by Najla melalui strategi content marketing dan penggunaan media sosial. Dalam penelitian ini, diuji validitas dan reliabilitas instrumen penelitian dan menggunakan metode analisis faktor. Hasil analisis menunjukkan bahwa semua variabel layak untuk difaktorkan, dengan faktor yang terbentuk sebanyak satu faktor. Ini menunjukkan bahwa variabel-variabel yang dianalisis memiliki keterkaitan yang kuat dan dapat dikelompokkan dalam satu faktor yang signifikan sehingga faktor yang terbentuk pada minat beli produk Bittersweet by Najla adalah sebanyak 1 faktor dengan variabel yang menyusunnya adalah variabel content marketing, sosial media, influencer, tren digitalisasi, dan pengalaman konsumen.

References

Pandrianto, Nigar., Sukendro, Gregorius G. (2018). Analisis Strategi Pesan Content Marketing untuk Mempertahankan Brand Engagement: Jurnal Komunikasi, Vol. 10, No. 2, hal. 167-176.

Rohmah, Nurliya N. (2019). Efektifitas Digitalisasi Marketing Para Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Lombok (Analisis Media Equation Theory): Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam, Vol. 3, No. 1, pp. 01-14.

Wiratmanto. (2014). Analisis Faktor dan Penerapannya Dalam Mengidentifikasi FaktorFaktor yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen Terhadap Penjualan Media Pembelajaran. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta: Daerah Istimewa Yogyakarta.

Matondang, Zulkifli. (2009). Validitas dan Reliabilitas Suatu Instrumen Penelitian: Jurnal Tabularasa PPS Unimed, Vol. 6, No. 1, 87-97.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Edisi ke-25. Alfabeta. Bandung

Adeline Vinda Septiani, Hasibuan, R. A., Anwar Fitrianto, Erfiani, & Alfa Nugraha Pradana.

(2023). Penerapan Metode K-Medoids dalam Pengklasteran Kab/Kota di Provinsi Jawa Barat Berdasarkan Intensitas Bencana Alam di Jawa Barat pada Tahun 2020-2021. Statistika, 23(2), 147–155. https://doi.org/10.29313/statistika.v23i2.3057

Luqyana Zakiya Almas, Yuliana Susanti, & Sri Sulistijowati Handajani. (2024). Penerapan Algoritma K-Nearest Neighbors dalam Sistem Rekomendasi Makanan Berdasarkan Kebutuhan Nutrisi dengan Content-Based Filtering. Statistika, 24(1), 115–122. https://doi.org/10.29313/statistika.v24i1.3558

Yuniar, P., & Kismiantini. (2023). Analisis Sentimen Ulasan pada Gojek Menggunakan Metode Naive Bayes. Statistika, 23(2), 164–175. https://doi.org/10.29313/statistika.v23i2.2353

Published
2024-08-13