Kekuatan Hubungan antara Faktor-Faktor Kualitas Pembelajaran SMK di DKI Jakarta Tahun 2023 Menggunakan Metode Chatterjee
Abstract
Abstract. Correlation is a measure the strength of linear relationship between two or more variables. The correlations commonly used are Pearson correlation, Rank Spearman, and Kendall tau. Pearson correlation gives good results for linear relationships and the data do not contain outliers. Chatterjee (2020), proposes a rank based method method to examine the degree of non-independence or the strength of the relationship between variables that is consistent with all alternative patterns of relationships between two possible variables and possible data contains outliers. This method is simple, consistent, and has a simple asymptomatic theory under the assumption that the two variables are mutually independent. The degree of dependence here refers to how strongly the variable is truly independent. In this research, we apply this method to evaluate the strength of relationship between learning quality factors of vocational schools DKI Jakarta in 2023. We obtained that the relationship between the learning quality factors of vocational schools DKI Jakarta in 2023 was mutually independent with a value between learning quality and reflection and learning improvement is ξ(X1, X2) = 0.0093; between the quality of learning and instructional leadership is ξ(X1, X3) = 0.0164; between reflection and improvement of learning with instructional leadership is ξ(X2, X3) = 0.0027. There is no relationship among all three variables.
Abstrak. Korelasi merupakan ukuran kekuatan hubungan antara dua variabel kuantitaif atau lebih. Korelasi yang sering digunakan pada data kuantitatif yaitu korelasi Pearson, Rank Spearman, dan Kendall tau. Korelasi Pearson memberikan hasil yang baik untuk hubungan yang linear dan data yang tidak mengandung outlier. Chatterjee (2020), mengusulkan metode untuk memeriksa derajat ketidakbebasan atau kekuatan hubungan antar variabel yang berbasis peringkat yang juga konsisten terhadap semua alternatif pola hubungan antara dua variabel yang mungkin terjadi, dan mengandung pencilan. Metode ini sederhana, konsisten, dan memiliki teori asimptotik sederhana di bawah asumsi bahwa kedua variabel saling bebas. Derajat ketidakbebasan disini mengacu pada seberapa kuat variabel benar-benar independen. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode tersebut untuk melihat kekuatan hubungan antara faktor-faktor kualitas pembelajaran SMK di DKI Jakarta tahun 2023 dan diperoleh hasil bahwa hubungan antara faktor-faktor kualitas pembelajaran SMK di DKI Jakarta tahun 2023 saling bebas dengan nilai antara kualitas pembelajaran dengan refleksi dan perbaikan pembelajaran yaitu ξ (X1, X2) = 0,0093; antara kualitas pembelajaran dengan kepemimpinan instruksional yaitu ξ(X1, X3) =0,0164; antara refleksi dan perbaikan pembelajaran dengan kepemimpinan instruksional yaitu ξ(X2, X3) = 0,0027. Tidak ada hubungan diantara ketiga variabel tersebut.
References
Chatterjee, S. (2020). A New Coefficient of Correlation. Journal of the American Statistical Association, 116(536), 2009–2022. https://doi.org/10.1080/01621459.2020.1758115.
Chee, J. D. (2015). Pearson’s Product-Moment Correlation: Sample Analysis. https://www.researchgate.net/publication/262011045.
Chen, P. Y., & Paula M. Popvich. (2002). Correlation: Parametric and Nonparametric Measures. Sage University Papers Series on Quantitative Applications in the Social Sciences, 07-139. Thousand Oaks, CA: Sage.
Izzatul Aliyyah, Hafiyusholeh, Moh., Hamid, A., & Prasetijo, D. (2024). Analisis Proyeksi Kebutuhan Air Bersih di PDAM Tirta Dharma Kota Pasuruan Menggunakan Population Forecasting Method. Statistika, 24(1), 11–19. https://doi.org/10.29313/statistika.v24i1.2271
Rahmawati, F., Amanah, F., & Fallo, S. I. (2024). Studi Komparasi Regresi Logistik Biner dan K-Nearest Neighbor Pada Kasus Prediksi Curah Hujan. Statistika, 24(1), 20–30. https://doi.org/10.29313/statistika.v24i1.2739
Sitepu, E., Juliana Tampubolon, Sudianto Manulang, & Sisti Nadia Amalia. (2024). Analisis Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Stres Pada Mahasiswa Tingkat Akhir S1 Matematika di Universitas Negeri Medan. Statistika, 24(1), 93–101. https://doi.org/10.29313/statistika.v24i1.3257