Hubungan antara Adversity Quotient dengan Stres Akademik pada Mahasiswa Semester Akhir Universitas Islam Bandung

  • Iqlima Nurfadhila Aulia Psychology
  • Agus Budiman Psychology
Keywords: Stress Akademik, Kesulitan, Kecerdasan Adversitas

Abstract

Abstract. Students are required to have critical thinking and be able to act quickly and precisely. Students will be faced with various demands and obstacles during the lecture process. These include coursework that must be completed at the same time, practicums, achievement of study load, and thesis up to the final semester stage. The various task demands faced can make students feel uncomfortable so they do not enjoy academic activities and have difficulty concentrating. The aim of the research is to describe adversity qoutient and academic stress in Final Semester Students at Bandung Islamic University and to find out how big the relationship is between adversity qoutient and academic stress among Final Semester Students at Bandung Islamic University. The research method is a quantitative research approach. The population used by researchers was 792 final semester students at Bandung Islamic University. A sample of 90 respondents filled out the Google form research questionnaire. So the researcher took everything as a research sample, namely 90 respondents. Based on the calculated T and calculated F, the Sig value is known. (2-tailed) between the two variables is 0.000, smaller than 0.05. So it can be concluded that there is a significant correlation or relationship between the Adversity Quotient variable and the academic stress variable in Final Semester Students at Bandung Islamic University.

Abstrak.Mahasiswa dituntut memiliki pemikiran kritis dan dapat bertindak dengan cepat dan tepat. Mahasiswa akan dihadapkan dengan berbagai tuntutan maupun hambatan selama proses perkuliahan. Diantaranya tugas kuliah yang harus diselesaikan dalam waktu bersamaan, praktikum, pencapaian beban studi, hingga skripsi untuk ke tahap semester akhir. Berbagai tuntutan tugas yang dihadapi dapat membuat mahasiswa merasa tidak nyaman sehingga tidak menikmati kegiatan akademik dan sulit berkonsentrasi. Tujuan penelitian untuk gambaran adversity qoutient serta stres akademik pada Mahasiswa Semester Akhir  Universitas Islam Bandung  serta juga untuk mengetahui seberapa besar hubungan antara adversity qoutient dengan stres akademik pada Mahasiswa Semester Akhir  Universitas Islam Bandung.  Metode penelitian  adalah pendekatan penelitian kuantitatif. Populasi yang digunakan peneliti sebesar 792 Mahasiswa Semester Akhir Universitas Islam Bandung Sampel 90 orang responden yang mengisi google form kuesioner penelitian. Maka peneliti mengambil semua menjadi sampel penelitian yaitu 90 orang responden. Berdasarkan T hitung dan F hitung  diketahui nilai Sig. (2-tailed) antara kedua variabel adalah sebesar 0,000 lebih kecil 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi atau hubungan yang signifikan antara variabel Adversity Quotient dengan variabel stres akademik pada Mahasiswa Semester Akhir  Universitas Islam Bandung.

References

Nurmaidah, Siti. Hubungan Antara Perfeksionisme Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Akhir Yang Sedang Menyusun Skripsi Di Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Diss. Universitas Islam Negeri Kh Achmad Siddiq Jember, 2023.

Silvastiani, Cita. Hubungan Antara Regulasi Emosi Dengan Stres Akademik Pada Mahasiswa Baru. Diss. Universitas Mercu Buana Yogyakarta, 2021.

Walfitri, Sri Nuri; Yusri, Nur Aisyah; Ardias, Widia Sri. Pengaruh Adversity Quotient Terhadap Stres Akademik Mahasiswa Akhir. Syiah Kuala Psychology Journal, 2023, 1.2: 77-88.

Tasalim, Rian; Cahyani, Ardhia Redina. Stres Akademik Dan Penanganannya. Guepedia, 2021.

Widiyastari, Ulfa. Hubungan Antara Rasa Syukur Dengan Stres Akademik Pada Santri Pondok Pesantren An-Nur Yogyakarta. Diss. Universitas Mercu Buana Yogyakarta, 2019.

Smith, James M., Et Al. Home And Community-Based Physical Therapist Management Of Adults With Post–Intensive Care Syndrome. Physical Therapy, 2020, 100.7: 1062-1073.

Azizah, Jesica Nur; Satwika, Yohana Wuri. Hubungan Antara Hardiness Dengan Stres Akademik Pada Mahasiswa Yang Mengerjakan Skripsi Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Penelitian Psikologi, 2021, 8.1: 212-223.

Dewi, Damajanti Kusuma, Et Al. Profile Perceived Academic Stress Pada Mahasiswa. Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan, 2022, 13.3: 395-403.

Madiistriyatno, Harries. Generasi Milenial Tantangan Membangun Komitmen Kwereja/Bisnis Dan Adversity Quotient (Aq). 2020.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung : Alphabet, 2019.

Bakhtiar, Putri Hairiyah; Razak, Ahmad; Nurdin, Muh Nur Hidayat. Adversity Quotient Dan Stres Akademik Pada Mahasiswa Skripsi Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar. Sultra Educational Journal, 2022, 2.1: 10-17.

Supradewi, Ratna. Stres Akademik Ditinjau Dari Adversity Quotient Mahasiswa Fakultas Psikologi Unissula Tahun Pertama Pada Masa Pandemi Covid-19 Maret 2021. Psisula: Prosiding Berkala Psikologi, 2021, 3: 81-93.

Hismanidarti, Rizkiyani Putri. Pengaruh Adversity Quotint Dan Penyesuaian Diri Terhadap Stres Akademik Pada Mahasiswa Di Pondok Pesantren Baitul Jannah Kota Malang. Diss. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, 2021.

Prayoga, Baiky Elya. Hubungan Adversity Quotient Dengan Stres Akademik Pada Pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Diss. Universitas Negeri Malang, 2022.

Yusuf, Shafira Nurulita; Gismin, Sitti Syawaliyah; Aditya, Andi Muhammad. Hubungan Antara Adversity Quotient Dan Stres Akademik Pada Mahasiswa Saat Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Psikologi Karakter, 2023, 3.2: 384-389.

Hardiyanti, Risma. Pengaruh Adversity Quotient Dan Dukungan Teman Sebaya Terhadap Stres Akademik Pelajaran Matematika Pada Siswa Sma Jurusan IPA Di Kota Makassar. Diss. Universitas Airlangga, 2019

Published
2024-01-31