Hubungan Self Control dengan Smartphone Addiction pada Siswa Sma X di Kabupaten Bandung Barat

  • Fadila Zulfa Amara Psikologi
  • Hedi Wahyudi Psikologi
Keywords: Kecanduan Telepon Pintar, Kontrol Diri, Siswa

Abstract

Abstract. The rapid development of technology affects the life of education, work, and in everyday life. One technology that is growing very quickly is the smartphone, which is part and not missed, especially among students. Excessive use of smartphones can cause dependence to the end of daily life. This can be overcome if you have self-control, the reality is that students have not been able to overcome and carry out tasks as students so as not to experience dependence. The purpose of this study was to determine the relationship between self-control and smartphone addiction in students of SMA X Bandung Barat. The method used was quantitative and correlational research design with a total subject of 300 students. The sampling technique used is Purposive Sampling with an analysis technique that tests the Spearman Rank Correlation. Data collection in this study used the Smartphone Addiction Proneness Scale (SAPS) questionnaire from Kim et al (2014) and Self Control (Averill, 1973). The results showed that there was a significant negative relationship between Smartphone Addiction and Self Control in SMA X students in Kabupaten Bandung Barat shown by Spearman correlation values of r = - 0.706 and p = 0.000 (p < 0.05). There is a relationship between self-control and smartphone addiction in students of SMA X Kabupaten Bandung Barat.

Abstrak. Semakin pesat perkembangan teknologi berpengaruh dalam kehidupan pendidikan, pekerjaan, maupun dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu teknologi yang berkembang sangat cepat yaitu smartphone, yang menjadi bagian dan tak terlewatkan khusunya di kalangan siswa. Penggunaan smartphone yang berlebihan dapat menyebabkan ketergantungan hingga berdapak pada kehidupan sehari-hari. Hal tersebut dapat diatasi jika memiliki adanya self control, realitasnya siswa belum mampu mengatasi dan menjalankan tugas sebagai pelajar agar tidak mengalami ketergantungan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan self control dengan smartphone addiction pada siswa SMA X Kabupaten Bandung Barat. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dan desain penelitian korelasional dengan jumlah subjek 300 siswa. Teknik Sampling yang digunakan Purposive Sampling dengan teknik analisis yang Uji Korelasi Rank Spearman. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kusioner Smartphone Addiction Proneness Scale (SAPS) dari Kim et al (2014) dan Self Control (Averill, 1973). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan negatif yang signifikan antara antara Smartphone Addiction dan Self Control pada siswa SMA X di Kabupaten Bandung Barat ditunjukkan dengan nilai korelasi Spearman sebesar r = - 0.706 dan p = 0.000 (p<0.05). Terdapat hubungan antara self control dengan smartphone addiction pada siswa SMA X Kabupaten Bandung Barat.

References

Pinasti, D. A, Kustanti, E. R. (2017). Hubungan antara Empati dengan Adiksi Smartphone pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya dan Fakultas Sains dan Matematika Universitas Diponegoro Semarang. Jurnal Empati, 7 (3), 183-188

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

KOMINFO. (2014, Februari 18). 98 Persen Remaja Tahu Internet. Retrieved from Kominfo.co.id: https://www.kominfo.go.id/content/detail/3836/98-persen-anak-dan- remaja-tahu-internet/0/berita satker

Cahyo, Dandi. (2017). Penggunaan Smartphone di Indonesia. Journal.foustasp.com

KOMINFO. (2014, Februari 18). Riset Kominfo dan UNICEF Mengenai Perilaku Anak dan Remaja Dalam Menggunakan Internet. Retrueved from Kominfo.co.id: https://www.kominfo.go.id/content/detail/3834/siaran-pers-no-17pihkominfo22014- tentang-riset-kominfo-dan-unicef-mengenai-perilaku-anak-dan-remaja-dalam- menggunakan- internet/0/siaran_pers#:~:text=Anak%2Danak%20dan%20remaja%20memiliki,dan%20b aru)%20dan%20untuk%20hiburan

Dewanti, T., Widada, W., & Triyono, T. (2016). Hubungan Antara Keterampilan sosial dan Penggunaan Gadget Smartphone terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA Negeri 9 Malang. Journal Kajian Bimbingan dan Konseling, 1(3), 126-131. https://doi.org/10.17977/um001vli32016p126

Kwon, M., Lee, J. Y., Won, W. Y., Park, J. W., Min, J. A., Hahn, C., ... Kim, D. J. (2013). The Smartphone addiction scale: Development and validation of a short version for adolescents. PloS One, 8(12), 1-7.

Chaplin, J, P, (2009). Kamus Lengkap Psikologi, Jakarta : Raja Grafindo

Ghufron, M Nur & Rini Risnawinata, S. (2012) Teori-Teori Psikologi, Yogyakarta, Arr Ruz Media.

Dirgantoro, P., Bimo. (2020). Hubungan antara Kontrol Diri dan Harga Diri Terhadap Kecanduan Smartphone Pada Siswa Kelas XI SMAN 58 JAKARTA

Purnomo, A., Loekmono, J.T. (2020). The Relationship of Cigarette, Smartphone Addiction and Self Control of Men’s Dormitory Students. https://doi.org/10.24042/kons.v7i2.6690

Syafira, S., Sulisworo, K. (2019). Prokrastinasi Akademik pada Siswa SMP di Kota Bandung yang Mengalami Kecanduan Smartphone.

Aurizal, Y. (2022). Hubungan Antara Kontrol Diri dengan Smartphone Addiction Pada Siswa SMA X Pinggir.

Dewi, D. (2022). Hubungan Antara Kontrol Diri dengan Kecanduan Smartphone Pada Siswa SMA X di Purwodadi.

Published
2024-01-31