Hubungan Self-Esteem dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Tingkat Akhir di Universitas Islam Bandung

  • Vania Maovangi Day Psychology
  • Dewi Rosiana Psychology
Keywords: Prokrastinasi Akademik, mahasiswa tingkat akhir, Universitas Islam Bandung

Abstract

Abstract. This study aims to look at the relationship between the level of confidence and scientific knowledge of students in a certain year at the Islamic University of Bandung (UNISBA). Procrastination is defined as the activity of delaying or avoiding tasks. While self-esteem is an individual's evaluation of himself, includes both positive and negative things, and describes the extent to which a person's belief in personal abilities, achievements, and self-worth. The measuring instruments used in this study were the Coopersmith Self-Esteem Inventory (CSEI) by Coopersmith, and the Academic Procrastination Scale by Ferrari (1995). The results show that there is a relationship between self-esteem and academic procrastination in final year students at Bandung Islamic University. With a correlation coefficient value of 0.706 which indicates that there is a negative relationship between self-esteem and academic procrastination in final year students at Bandung Islamic University, which means that if self-esteem increases, academic procrastination decreases and vice versa.

 

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara tingkat kepercayaan dan keilmiahan mahasiswa pada tahun tertentu di Universitas Islam Bandung (UNISBA). Prokrastinasi didefinisikan sebagai kegiatan menunda atau menghindari tugas. Sementara self-esteem merupakan evaluasi individu yang dilakukan terhadap dirinya sendiri, mencakup hal positif dan juga negative, dan menggambarkan sejauh mana keyakinan seseorang akan kemampuan pribadi, pencapainnya, dan nilai dirinya. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, Coopersmith Self-Esteem Inventory (CSEI) oleh Coopersmith, dan skala Prokrastinasi akademik oleh Ferrari (1995). Hasil menunjukkan bahwa adanya hubungan antara self-esteem dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa tingkat akhir di universitas islam bandung. Dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0.706 yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan korelasi negatif antara self-esteem dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa tingkat akhir di universitas islam bandung yang artinya jika self-esteeem meningkat maka prokrastinasi akademik menurun begitupun sebaliknya.

References

Fitriyani, U., & Mudjiran. (2019). KONTRIBUSI SELF-ESTEEEM TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK DALAM PENGERJAAN SKRIPSI PADA MAHASISWA PSIKOLOGI. Jurnal Riset Psikologi, 1.

Ghufron, M. N., & S, R. R. (2020). Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Mujahidah, I. (2014). Hubungan Antara Manajemen Waktu dengan Prokrastinasi Penyusunan Skripsi pada Mahasiswa Univeersitas Muhammadiyah Surakarta. Jurnal Psikologi.

Pradinaputri, V. S. & Sumaryanti, I. U. (2018). Studi Desskriptif Mengenai Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa yang Mengontrak Skripsi Lebih dari Satu Kali di Fakultas Psikologi Universitas Islam Bandung. Prosiding psikologi, 1102-1108.

Rantelimbong, R. (2016). HUbungan Self-esteem dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa fakultas ilmu Kesehatan UKSW.

Sujono. (2014). Hubungan antara Efikasi diri (self-efficacy) dengan problem focused coping dalam proses penyusunan skripsi pada mahasiswa Fmipa Unmul. Jurnal Psikologi, 2(3), 238-246

Tetan, M. J. (2013). Hubungan antara Self-Eesteem dan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Angkatan 2010 Fakultas Psikologi Universitas Surabaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 1-17.

You, J. W. (2015). Examining the Effect of Academic Procrastination on Achievement Using LSM Data E-Learning. Educational technology society, 64-74.

Published
2024-01-13