Hubungan Peer Conformity dengan Perilaku Kenakalan pada Santri Pondok Pesantren “X” Ciamis

  • Mutiara Salma Syifa Psikologi
  • Lilim Halimah Psikologi
Keywords: peer conformity, perilaku kenakalan, santri remaja

Abstract

Abstract. Delinquent behavior is a component of maladaptive behavior that can occur in adolescents. Delinquent behavior can occur in various settings, including educational settings, such as the case of delinquent behavior among teenage students at "X" Boarding School in Ciamis. One of the contributing factors to students becoming delinquent is their interaction with their peers, and the nature of this interaction can be reflected in their conformity to peer behavior. The purpose of this research is to explore the relationship between peer conformity and delinquent behavior among teenage students at "X" Boarding School in Ciamis Regency. This research adopts a quantitative approach with a non-experimental-causal research method. The subjects of this study are 100 teenage students at "X" Boarding School in Ciamis Regency. The analysis technique used is Pearson correlation analysis. The measurement tool used to assess delinquent behavior in adolescents is a tool developed by Rachma & Halimah (2017) based on Santrock's (2002) theory of adolescent delinquency. Peer conformity is measured using The Conformity Scale (Mehrabian & Stefl, 1995) adapted by Ganta & Seotjana (2002). The findings of this research indicate a positive correlation, albeit a low one, between peer conformity and delinquent behavior among adolescent students at the "X" Islamic boarding school in Kab. Ciamis. The correlation coefficient obtained for peer conformity is 0.324..

Abstrak. Perilaku kenakalan merupakan salah satu bagian bagian dari perkembangan perilaku maladaptive yang dapat terjadi pada remaja. Perilaku kenakalan, dapat terjadi di berbagai setting dan salah satunya dalam setting pendidikan. Seperti perilaku kenakalan yang terjadi pada santri remaja pondok "X" Ciamis. Salah satu faktor penyebab santri menjadi nakal yaitu karena interaksi santri dengan santri yang lainnya, bentuk interaksi santri dengan santri lainnya dapat dicerminkan dalam perilaku konform dengan teman sebaya. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui hubungan yang terjadi pada peer conformity dengan perilaku kenakalan pada santri remaja di pondok pesantren "X" Kabupaten Ciamis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian non eksperimen– kausalitas. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah 100 santri remaja pondok pesantren "X" Kab. Ciamis. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis korelasi Pearson. Alat ukur yang digunakan untuk mengukur perilaku kenakalan pada remaja dengan menggunakan alat ukur yang disusun oleh Rachma & Halimah (2017) yang berlandaskan teori kenakalan remaja Santrock (2002). Untuk mengukur peer conformity dengan menggunakan The Conformity Scale (Mehrabian, & Stefl, 1995) yang telah diadaptasi oleh Ganta & Seotjana (2002). Hasil penelitian ini menunjukan adanya hubungan positif yang cenderung rendah antara peer conformity dengan perilaku kenakalan pada santri remaja pondok pesantren "X" Kab. Ciamis. Nilai korelasi yang diperoleh pada peer conformity menunjukan nilai hasil 0.324

References

. Santrock, J. (2002). Life-span Development Perkembangan Hidup Jilid 1 Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga.

. R. N. Hidayah, “Kontrol Diri dan Konformitas Terhadap Kenakalan Remaja,” Jurnal Ilmiah Psikologi Borneo, vol. 8, pp. 657, 2020.

. S. A. Rahmatullah, & H. Purnomo, “Kenakalan remaja kaum santri di pesantren (Telaah Deskriptif – Fenomenologi)‎,” Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, vol. 8, pp. 222–245, 2020.

. S. A. Rachma, & L. Halimah, “Hubungan religiusitas dengan kenakalan remaja kategori status offense pada santri kelas II Aliyah putra di Pondok Pesantren "X" Garut,” Prosiding Psikologi, vol. 3, pp. 753 - 760, 2017.

. Abdurrahman, “Budaya disiplin dan ta’zir santri di Pondok Pesantren,” Al- Riwayah: Jurnal Kependidikan, vol. 10, pp. 29-57. April. 2018.

. S. Siyoto, & A. M. Sodik, “Dasar Metodologi Penelitian”. z-lib.org: Literasi Media Publishing, 2015.

. Ganta, B. A., & Soetjiningsih, C. H. “Hubungan konformitas teman sebaya dan kecenderungan kenakalan remaja laki-laki”. Psikoborneo, vol. 10(No. 2), pp. 404 - 411. 2022.

. Imam Zaedi and Eneng Nurlaili Wangi, “Studi Deskriptif Pendidikan Karakter: Respect and Responsibility di SMP Negeri Kota Bandung,” Jurnal Riset Psikologi, vol. 1, no. 2, pp. 84–92, Jan. 2022, doi: 10.29313/jrp.v1i2.459.

Published
2023-08-05