Pengaruh Mindfulness terhadap Psychological Well-Being pada Remaja SMA Negeri X di Kota Bandung

  • Nabila Syafiasani Psikologi, Fakultas Psikologi
  • Makmuroh Sri Rahayu Psikologi, Fakultas Psikologi
Keywords: Mindfulness, Psychological Well-being, Remaja

Abstract

Abstract. In carrying out their developmental tasks, adolescents must apply mindful behaviors, if adolescents do not apply mindfulness behaviors, it can cause their psychological well-being to decrease. One approach to improve psychological well-being itself is mindfulness, because by doing mindfulness behavior adolescents will feel calm, happiness, life satisfaction and have good self-control. The purpose of this study was to determine the effect of Mindfulness on Psychological Well-being in adolescents at SMA Negeri X in Bandung. The research hypothesis is that if adolescents apply mindfulness behaviors, they will have high psychological well-being. The research method used in this study is the causality method with a sample of 329 students and data collection is done online via google form. Measurements were made using the Psychological Well-being Scale (PWBS) and Child and Adolescent Mindfulness (CAMM) tools. The study used a statistical technique of simple linear regression test with the results of the regression coefficient value of r = 0.712 and the coefficient of determination of 50.7%. The results of this study indicate that there is a positive influence, meaning that the condition of mindfulness adolescent behaviors will have high psychological well-being in SMA Negeri X adolescents in Bandung, so it can be said that the influence of Mindfulness on Psychological Well-being in high school adolescents State X in Bandung City is positive.

Abstrak. Dalam melakukan tugas perkembangannya remaja harus menerapkan perilaku-perilaku yang mindful, apabila remaja tidak menerapkan perilaku-perilaku mindfulness maka dapat menyebabkan menurunnya tingkat psychological well-being mereka. Salah satu pendekatan untuk meningkatkan psychological well-being itu sendiri adalah mindfulness, karena dengan melakukan perilaku mindfulness tersebut remaja akan merasakan ketenangan, kebahagiaan, kepuasan hidup dan memiliki self control yang baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Mindfulness terhadap Psychological Well-being pada remaja SMA Negeri X di Kota Bandung. Hipotesis penelitiannya adalah apabila remaja menerapkan perilaku-perilaku yang mindfulness maka akan memiliki psychological well-being yang tinggi. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kausalitas dengan sampel sebanyak 329 orang siswa dan pengambilan data dilakukan secara online melalui google form. Pengukuran dilakukan menggunakan alat ukur Psychological Well-being Scale (PWBS) dan Child and Adolescent Mindfulness (CAMM). Penelitian menggunakan teknik statistik uji regresi linear sederhana dengan hasil nilai koefisien regresi sebesar r=0,712 dan koefisien determinasi sebesar 50,7%. Hasil penelitian ini menunjukan terdapat pengaruh yang positif, artinya dengan kondisi perilaku-perilaku remaja yang mindfulness maka akan memiliki psychological well-being yang tinggi pada remaja SMA Negeri X di Kota Bandung, sehingga dapat dikatakan pengaruh antara Mindfulness terhadap Psychological Well-being pada remaja SMA Negeri X di Kota Bandung adalah positif.

Published
2022-01-21