Pengaruh Work Study Conflict terhadap Academic Burnout pada Mahasiswa yang Bekerja di Kota Jambi

  • Analysia Kinanti Kastaman Psikologi, Fakultas Psikologi
  • Farida Coralia Psikologi, Fakultas Psikologi
Keywords: Konflik Studi Kerja, Kejenuhan Akademik, Mahasiswa Bekerja

Abstract

Abstract. Conflicts and role burdens experienced by working students coupled with unfavorable conditions can trigger burnout. One of the impacts that occur if students experience burnout is a decrease in student academic achievement. Based on the results of prasurvey conducted on students who work in Jambi City obtained the results that 60% stated that they felt exhausted in going to college while working, 30% admitted to ignoring and staying away from lectures and preferring to finish their work, and 10% admitted that the task given felt heavy so unable to complete it. This study aims to find out how the effect of work study conflict on academic burnout in students working in Jambi City. There were 80 students working in Jambi City participating in the study. To obtain a representative sample, purposive sampling techniques are used. The study used two Work Study Conflict measuring tools from Markel and Frone and the Maslach Burnout Inventory-Student Survey (MBI-SS) developed by Schaufeli et al. The results found 45% of respondents experienced work study conflict and 66.26% experienced academic burnout at moderate levels. The results of a simple regression test showed that work study conflict had an influence on academic burnout with an influence of 48.2% with a positive direction of influence. 

Abstrak. Konflik dan beban peran yang dialami oleh mahasiswa yang bekerja ditambah dengan kondisi yang tidak kondusif dapat memicu terjadinya burnout. Salah satu dampak yang terjadi jika mahasiswa mengalami burnout adalah menurunnya prestasi akademik mahasiswa. Berdasarkan hasil prasurvey yang dilakukan pada mahasiswa yang bekerja di Kota Jambi didapatkan hasil bahwa 60% menyatakan bahwa merasa kelelahan dalam menjalani kuliah sambil bekerja, 30% mengaku pernah mengabaikan dan menjauh dari perkuliahan yang dijalani dan lebih memilih untuk menyelesaikan pekerjaannya, dan 10% mengaku bahwa tugas yang diberikan terasa berat sehingga tidak mampu untuk menyelesaikannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh work study conflict terhadap academic burnout pada mahasiswa yang bekerja di Kota Jambi. Terdapat 80 mahasiswa yang bekerja di Kota Jambi berpartisipasi dalam penelitian ini. Untuk mendapatkan sampel yang representatif digunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan dua alat ukur Work Study Conflict dari Markel dan Frone dan Maslach Burnout Inventory-Student Survey (MBI-SS) yang dikembangkan oleh Schaufeli dkk. Hasil penelitian ditemukan 45% responden mengalami work study conflict dan 66,26% mengalami academic burnout pada tingkat sedang. Hasil uji regresi sederhana menunjukkan bahwa work study conflict memiliki pengaruh terhadap academic burnout dengan pengaruh sebesar 48,2% dengan arah pengaruh yang positif.

Published
2022-01-20