Hubungan Academic Self-Efficacy dan Academic Stress pada Mahsiswa S1 Tingkat Akhir Unisba

  • Aqyla Halwa Andhina Rahmanda Psikologi
  • Sulisworo Kusdiyati Psikologi, Psikologi
Keywords: Academic Self-Efficacy, Academic Stress, Final Year Students

Abstract

Abstract. Academic stress is one of the phenomena experienced by students who are working on their thesis. Academic Stress is a combination of several academic demands that exceed the strength or availability of someone's resources to get through it (Wilks, 2008). Academic Self-Efficacy is one of the factors that can affect Academic Stress (Oon, 2007). The purpose of this study is to see if there is a relationship between Academic Self - Efficacy and Academic Stress in final year undergraduate students of Unisba who are working on their thesis. This research approach is quantitative research and uses correlational methods. The research was conducted on 378 active final year undergraduate students of Unisba who were working on their thesis using quota sampling technique. The measuring instrument used is the Academic Self-Efficacy Scale compiled by Zajacova et al., (2005) which has been adapted into Indonesian by Arlinkasari & Zakiah (2017). The Academic Stress measuring instrument used in this study is the Student-Life Stress Inventory academic stress scale from Gadzella, B. M. (1994) which has been adapted into Indonesian by Praghlopati et al (2021). The results showed that there is a significant negative relationship between academic self-efficacy and academic stress (R Square = 0.02; Sig. 0.00). This means that the higher the academic self-efficacy of students, the lower they will tend to experience academic stress.

Abstrak. Academic stress merupakan salah satu fenomena yang dialami mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi. Academic Stress merupakan suatu perpaduan dari beberapa tuntutan akademik yang melebihi kekuatan atau ketersediaan sumber daya seseorang untuk melewatinya (Wilks, 2008). Academic Self – Efficacy merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi Academic Stress (Oon, 2007). Tujuan penelitian ini untuk melihat apakah terdapat hubungan antara Academic Self – Efficacy dan Academic Stress pada mahasiswa S1 tingkat akhir Unisba yang sedang mengerjakan skripsi. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan menggunakan metode korelasional. Penelitian dilakukan pada 378 mahasiswa aktif S1 tingkat akhir Unisba yang sedang mengerjakan skripsi dengan menggunakan teknik quota sampling. Alat ukur yang digunakan yaitu Academic Self-Efficacy Scale yang disusun oleh Zajacova et al., (2005) yang sudah diadaptasi ke dalam bahasa Indonesia oleh Arlinkasari & Zakiah (2017). Alat ukur Academic Stress yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala stress akademik Student-Life Stress Inventory dari Gadzella, B. M. (1994) yang sudah diadaptasi ke dalam Bahasa Indonesia oleh Praghlopati et al (2021). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang negative signifikan antara academic self – efficacy dan academic stress (R Square = 0.02; Sig. 0,00). Artinya semakin tinggi academic self – efficacy mahasiswa maka mereka akan cenderung lebih rendah untuk mengalami academic stress.

References

A. Pragholapati and W. Ulfitri, “Gambaran Mekanisme Coping pada Mahasiswa Program Studi Sarjana Keperawatan Tingkat IV yang Sedang Menghadapi Tugas Akhir di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan X Bandung,” Humanitas, vol. 3, no. 2, pp. 115–126, Aug. 2019, doi: 10.28932/humanitas.v3i2.2168.

U. Usraleli, M. Melly, and R. Deliana, “Hubungan Strategi Koping dengan Tingkat Stres Mahasiswa Poltekkes Kemenkes Riau yang Menyusun Skripsi,” Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, Oct. 2020, doi: 10.33087/jiubj.v20i3.1085.

D. W. Ningrum, “Hubungan Antara Optimisme Dan Coping Stres Pada Mahasiswa Ueu Yang Sedang Menyusun Skripsi,” Jurnal Psikologi Esa Unggul, Jun. 2011

K. Y. Saputri and D. Sugiharto, “Hubungan antara self efficacy dan social support dengan tingkat stres pada mahasiswa akhir penyusun skripsi di FIP UNNES tahun 2019,” Konseling Edukasi, May 2020, doi: 10.21043/konseling.v3i2.6010.

N. Etika and W. F. Hasibuan, “Deskripsi masalah mahasiswa yang sedang menyelesaikan skripsi,” Kopasta : Jurnal Program Studi Bimbingan Konseling, vol. 3, no. 1, Sep. 2016, doi: 10.33373/kop.v3i1.265.

S. B. Seto, M. T. S. Wondo, and M. F. Mei, “Hubungan motivasi terhadap tingkat stress mahasiswa dalam menulis tugas akhir (Skripsi),” Jurnal Basicedu, vol. 4, no. 3, pp. 733–739, Jun. 2020, doi: 10.31004/basicedu.v4i3.431.

G. Weidner, C.-W. Kohlmann, E. Dotzauer, and L. R. Burns, “The effects of academic stress on health behaviors in young adults,” Anxiety Stress and Coping, vol. 9, no. 2, pp. 123–133, Jan. 1996, doi: 10.1080/10615809608249396.

S. S. Aulia and R. U. Panjaitan, “Kesejahteraan psikologis dan tingkat stres pada mahasiswa tingkat akhir,” Jurnal Keperawatan Jiwa (JKJ): Persatuan Perawat Nasional Indonesia, vol. 7, no. 2, p. 127, Aug. 2019, doi: 10.26714/jkj.7.2.2019.127-134.

W. Gamayanti, M. Mahardianisa, and I. Syafei, “Self Disclosure dan Tingkat Stres pada Mahasiswa yang sedang Mengerjakan Skripsi,” Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, Jun. 2018, doi: 10.15575/psy.v5i1.2282.

A. R. Diaz and A. Budiman, “Hubungan Self-Efficacy dengan Stres Akademik pada mahasiswa Psikologi UNISBA yang mengambil metodologi penelitian III,” Prosiding Psikologi, pp. 638–644, Aug. 2019, doi: 10.29313/.v0i0.17254.

Oon, Alvin Ng Lai; Juliska Gracinia. (2007). Mengatasi stress belajar=Handling study stress / Alvin Ng Lai Oon; alih bahasa, Juliska Gracinia. Jakarta : Elex Media Komputindo,.

A. Zajacova, S. M. Lynch, and T. J. Espenshade, “Self-Efficacy, stress, and academic success in college,” Research in Higher Education, vol. 46, no. 6, pp. 677–706, Sep. 2005, doi: 10.1007/s11162-004-4139-z.

Abd. Basith, A. Syahputra, and M. A. Ichwanto, “Academic Self-Efficacy As Predictor Of Academic Achievement,” Jurnal Pendidikan Indonesia, vol. 9, no. 1, p. 163, Mar. 2020, doi: 10.23887/jpi-undiksha.v9i1.24403.

M. N. Ghufron, “Penyesuaian akademik tahun pertama ditinjau dari efikasi diri mahasiswa,” Konseling Edukasi, vol. 1, no. 1, Oct. 2018, doi: 10.21043/konseling.v1i1.3860.

A. F. Putri, “Pentingnya orang dewasa awal menyelesaikan tugas perkembangannya,” SCHOULID : Indonesian Journal of School Counseling, vol. 3, no. 2, p. 35, Jun. 2018, doi: 10.23916/08430011.

R. D. Pangastutiningtyas and T. D. Djamhoer, “Pengaruh Academic Self-Efficacy terhadap stres akademik mahasiswa selama perkuliahan daring,” Prosiding Psikologi, pp. 514–519, Jul. 2021, doi: 10.29313/.v0i0.28455.

I. K. Siregar and S. R. Putri, “Hubungan Self-Efficacy dan Stres Akademik Mahasiswa,” Consilium, vol. 6, no. 2, p. 91, Jan. 2020, doi: 10.37064/consilium.v6i2.6386.

F. Arlinkasari and S. Z. Akmal, “Hubungan antara School Engagement, Academic Self-Efficacy dan Academic Burnout pada Mahasiswa,” Humanitas, vol. 1, no. 2, p. 81, Nov. 2017, doi: 10.28932/humanitas.v1i2.418.

A. Praghlopati, T. A. Suparto, A. P. W. Puspita, A. Sulastri, “Indonesian adaptation of the Student-Life Stress Inventory: Psychometric properties and factor structure,” NURSING UPDATE: Jurnal Ilmiah Ilmu Keperawatan, vol. 12, no. 3, p. 36-47, Sep. 2021

H. Jenaabadi, N. Nastiezaie, and H. Safarzaie, “The Relationship of Academic Burnout and Academic Stress with Academic Self-Efficacy among Graduate Students,” New Educational Review, vol. 49, no. 3, pp. 65–76, Sep. 2017, doi: 10.15804/tner.2017.49.3.05.

L. Ye, A. Posada, and Y. Liu, “The moderating effects of gender on the relationship between academic stress and academic self-efficacy.,” International Journal of Stress Management, vol. 25, no. S1, pp. 56–61, Dec. 2018, doi: 10.1037/str0000089.

S. Mulyadi, W. Rahardjo, and A. M. H. Basuki, “The role of parent-child relationship, self-esteem, academic self-efficacy to academic stress,” Procedia - Social and Behavioral Sciences, vol. 217, pp. 603–608, Feb. 2016, doi: 10.1016/j.sbspro.2016.02.063.

N. A. Safira and Fanni Putri Diantina, “Pengaruh Perceived Behavioral Control Terhadap Intensi Mengurangi Waktu Penggunaan Instagram pada Mahasiswa Adiksi,” Jurnal Riset Psikologi, vol. 1, no. 1, pp. 42–50, Oct. 2021, doi: 10.29313/jrp.v1i1.152.

Dzar Nurul Halimah and E. Nawangsih, “Studi Deskriptif Mengenai Happiness pada Mahasiswa Pengguna Media Sosial di Kota Bandung,” Jurnal Riset Psikologi, vol. 1, no. 1, pp. 7–11, Jul. 2021, doi: 10.29313/jrp.v1i1.87.

Gita Safira and Temi Damayanti D, “Pengaruh Academic Self Efficacy terhadap Penyesuaian Akademik Mahasiswa pada Pembelajaran Jarak Jauh,” Jurnal Riset Psikologi, vol. 1, no. 2, pp. 109–118, Jan. 2022, doi: 10.29313/jrp.v1i2.462.

Published
2023-08-03