Pengaruh Perceived Organizational Support terhadap Readiness for Change pada Guru
Abstract
Abstract. Organizational change is something that cannot be avoided to achieve success in the competitive world of work, continuity and existence of the organization. An important factor in the success of an organization to make changes is individual readiness to change (readiness for change). Readiness for change is the extent to which individuals cognitively and emotionally have the desire to accept, embrace and adapt a change plan. Employee readiness to face change will have a positive orientation towards the organization when it has perceived organizational support. This study aims to see how much influence perceived organizational support has on readiness for change in 90 public high school teachers in Cianjur District. The measuring tool used is the Survey of Perceived Organizational Support (SPOS) which refers to the theory of Eisenberger et al. (1986) and the readiness for organizational change scale which refers to the theory of Holt et al., (2007). The sampling technique used is saturated sampling. The method used is causality quantitative method with simple linear regression analysis technique. The results of this study indicate that perceived organizational support has a significant effect on readiness for change by 77.1%
Abstrak. Perubahan organisasi merupakan hal yang tidak dapat dihindari untuk mencapai keberhasilan dalam persaingan dunia kerja, kelangsungan serta eksistensi organisasi. Faktor penting dalam keberhasilan organisasi untuk melakukan perubahan yaitu kesiapan individu untuk berubah (readiness for change). Readiness for change adalah sejauh mana individu secara kognitif dan emosional memiliki keinginan untuk menerima, merangkul dan mengadaptasi rencana perubahan. Kesiapan karyawan menghadapi perubahan akan memiliki orientasi positif terhadap organisasi ketika memiliki perceived organizational support. Penelitian ini bertujuan untuk melihat seberapa besar pengaruh perceived organizational support terhadap readiness for change pada 90 guru SMA Negeri di Kecamatan Cianjur. Alat ukur yang digunakan yaitu Survey of Perceived Organizational Support (SPOS) yang mengacu pada teori Eisenberger et al. (1986) dan readiness for organizational change scale yang mengacu pada teori Holt et al., (2007). Teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh. Metode yang digunakan yaitu metode kuantitatif kausalitas dengan teknik analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perceived organizational support berpengaruh signifikan terhadap readiness for change sebesar 77.1%.
References
Aini, H., Umaroh, S. K., Sari, M. T., & Sulistyani, N. W. (2019).Pengaruh persepsi dukungan organisasi terhadap kesiapan untuk berubah pada karyawan PT Anugerah bara kaltim kabupaten kutai kartanegara. Motiva: Jurnal Psikologi, 7(1)
Akhbar, M. N., Harding, D., & Yanuarti, N. (2020).Peran kesejahteraan di tempat kerja terhadap kesiapan untuk berubah.Psikologika: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi, 25(2), 229-244. https://doi.org.10.20885/psikologika.vol25.iss2.art5
Angga., Suryana C., Nurwahidah, I., Hernawan, A. H., & Prihantini. (2022). Komparasi implementasi kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5877-5889. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3149
Armenakis. A. A., Harris. S.G.,& Mossholder. K. W. (1993). Creating readiness for organizational change. Human Relations, 46(6)
Dharmawan, D. C., & Nurtjahjanti, H. (2017). Hubungan antara perceived organizational support dan kesiapan untuk berubah pada karyawan PT. KAI Commuter Jabodetabek. Jurnal Empati, 6(1), 115-119
Eisenberger, R., Huntington, R., Hutchison, S., & Sowa, D. (1986).Perceived organizational support. Journal of Applied Psychology, 71(3), 500–507. https://doi.org/0021-9010/86/SOO.75
Erlyani, N., & Suhariadi, F. (2021). Eksplorasi faktor demografi dan persepsi terhadap kesiapan untuk berubah dosen menghadapi badan layanan umum. Jurnal Ecopsy, 8(2), 178-185. https://doi.org/10.20527/ecopsy.2021.09.014
Fazzari, F. A., Juwitaningrum, I., & Wulandari, A. (2021).Pengaruh komitmen organisasi terhadap kesiapan untuk berubah pada karyawan Geoff Max Footwear.Co Di Kota Bandung. Jurnal Psikologi Insight, 5(2)
Fradipta, D., & Mulyana, O. P. (2021).Hubungan antara persepsi dukungan organisasi dengan kesiapan untuk berubah pada guru.Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 8(2)
Gigliotti, R., Vardaman, J., Marshall, D. R., & Gonzalez, K. (2018).The role of perceived organizational support in individual change readiness. Journal of Change Management, https://doi.org/10.1080/14697017.2018.1459784
Guamaradewi, N. G., & Mangundjaya, W. L. (2018). Dampak kesiapan individu dan kesiapan organisasi untuk berubah bagi komitmen afektif untuk berubah. Jurnal Manajemen Aset Infrastruktur & Fasilitas, 2(2)
Harto, K. (2018). Tantangan dosen PTKI di era industry 4.0. Jurnal Tatsqif, 16(1). 1-15
Holt, D. T., Armenakis, A. A., Field. H. S.,& Harris S. G. (2007). Readiness for organizational change : the systematic development of a scale. The Journal of Applied Behavioral Science, 43(2), 232-255. https://doi.org/10.1177/0021886306295295
Kebede, S., & Wang, A. (2022). Organizational justice and employee readiness for change: the mediating role of perceived organizational support. Frontiers in Psychology, 13. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.806109
Krishnan, J., & Mary, V. S. (2012).Percieved organizational support – an overview on its antecedents and consequences. International Journal of Multidisciplinary Research, 2(4), 13
Kurtessis, J. N., Eisenberger, R., Ford, M. T., Buffardi, L. C., Stewart, K. A., & Adis, C. S. (2017). Perceived Organizational Support: A Meta-Analytic Evaluation of Organizational Support Theory. Journal of Management, 43(6), 1854–1884. https://doi.org/10.1177/0149206315575554
Mahdani, F., Syahriati, E., Mirza.,& Aprilia, E. D. (2022). Hubungan antara perceived organizational support dengan readiness for change pada karyawan bri di banda aceh. Indonesian Journal of Islamic Psychology, 4(1)
Mangundjaya, W. L. H. (2016). Psikologi Dalam Perubahan Organisasi. Jakarta: Swasthi Adi Cita
Meilian, C. G., Idulfilastri, R. M., & Dewi, F. I. R. (2020). Peran persepsi dukungan organisasi terhadap kesiapan menghadapi perubahan dengan modal psikologis sebagai mediator. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni, 4(2), 281-288. https://doi.org/10.24912/ jmishumsen.v4i2.7716
Mrayyan, M. T. (2019). Nurses’ views of organizational readiness for change. Nursing Forum, 1-9. https://doi:10.1111/nuf.12393
Muhasanah, L. Z. (2018). Perbedaan gaya mengajar guru laki-laki dan perempuan dalam mengembangkan minat belajar siswa pada mata pelajaran rumpun pendidikan agama islamdi kelas x dan xi madrasah aliyah negeri 2 jember tahun ajaran 2017/2018. Jurnal Auladuna
Munawaroh, L., & Meriyanto, I. S. (2017).Peranan psychological capital terhadap kesiapan individu untuk berubah yang dimoderatori oleh persepsi dukungan organisasi. Jurnal Psikologi, 44(3), 198-210. https://doi.org/ 10.22146/jpsi.25381
Ningrum, O. A., & Salendu, A. (2021).Pengaruh psychological capital terhadap individual readiness for change pada karyawan sales. Jurnal Diversita, 7(1). https://doi.org/10.31289/diversita.v7i1.4644
Puspita, Y., Fitriani, Y., Astuti, S., & Novianti, S. (2020). Selamat tinggal revolusi industry 4.0 selamat datang revolusi industry 5.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang
Ramadhani, D. A., & Muhroji. (2022). Guru dalam meningkatkan motivasi belajar pada peserta didik di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4855-4861. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2960
Rhoades, L., & Eisenberger, R. (2002). Perceived organizational support: a review of the literature. Journal of Applied Psychology, 87(4), 689-714. https://doi.org/10.1037//0021-9010.87.4.698
Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2017). Organizational development (7th Ed). Pearson Education Limited
Sarah, S., & Wulandari, F. (2019). Kesiapan guru dalam implementasi psikologis siswa akibat bencana alam. Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar, 11(1)
Setyaningsih, S., & Wiryanto.(2022). Peran guru sebagai aplikator profil pelajar pancasila dalam kurikulum merdeka belajar. Jurnal Ilmiah Mandala Education,8(4). http://doi.org/10.36312/jime.v8i4.4095/http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Suhandi, A. M., & Robi’ah, F. (2022). Guru dan tantangan kurikulum baru: analisis peran guru dalam kebijakan kurikulum baru. Jurnal Basicedu, 6(4), 5936-5945. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3172
Super, D. E., & Jordaan, J. P. (1973). Career development theory. British Journal of Guidance and Counselling, 1(1), 3-16. https://doi.org/10.1080/03069887308259333
Susanti, M., Rahmadona, T., & Fitria, Y. (2023).Perbedaan penilaian kurikulum 2013 dengan kurikulum merdeka. Jurnal Basicedu, 7(1), 339-350. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4444
Tahar, A., Setiadi, P. B., & Rahayu, S. (2022). Strategi pengembangan sumber daya manusia dalam menghadapi era revolusi industri 4.0 menuju era society 5.0. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2)
Wulansuci, G., Alam, S. K., Wardiyanti, Cahyati, A., Annisa, A. N., Rahmah, A. D., Fauziah, D. Y., Oktavia, D. V., & Anggraeni, E. (2023). Perkembangan social emosinal anak usia dini: studi kasus terhadap kegiatan belajar mengajar pasca bencana gempa bumi Cianjur. Jurnal Ilmiah UPT P2M STKIP Siliwangi, 10(1)
A. N. Choeriyah and A. T. Utami, “Pengaruh Work Life Balance terhadap Komitmen Organisasi pada Dosen Hybrid Working,” Jurnal Riset Psikologi, pp. 9–16, Jul. 2023, doi: 10.29313/jrp.v3i1.1800.
Imam Zaedi and Eneng Nurlaili Wangi, “Studi Deskriptif Pendidikan Karakter: Respect and Responsibility di SMP Negeri Kota Bandung,” Jurnal Riset Psikologi, vol. 1, no. 2, pp. 84–92, Jan. 2022, doi: 10.29313/jrp.v1i2.459.
R. E. P. Mardianny and Ali Mubarak, “Studi Kontribusi Spirit At Work terhadap Komitmen Organisasi Guru Honorer X,” Jurnal Riset Psikologi, vol. 1, no. 1, pp. 51–58, Oct. 2021, doi: 10.29313/jrp.v1i1.153.