Pengaruh Organizational Commitment terhadap Readiness for Change pada Dosen

  • Muhammad Ghilman Al Ghifari Psikologi, Universitas Islam Bandung
  • Hendro Prakoso Psikologi
Keywords: Komitmen Organisasi, Kesiapan Untuk Berubah, Dosen

Abstract

Abstract. Changes and developments are unavoidable in the continuity of the
organization today and in the future, including the field of educational
organizations. Education in Indonesia is currently undergoing a change from the
Merdeka Learning-Independent Campus (MBKM) program. This has an impact on
higher education and the members in it, one of which is the lecturer. These changes
include academic activities, learning systems, and technology. Lecturers who are
actively involved in implementing the values ​​and goals of higher education during
the MBKM policy indicate an organizational commitment to the lecturers.
Organizational commitment is said to have a relationship and influence on readiness
to change, so that it can achieve the success of changes that occur in the
organization. This study aims to determine and analyze how much influence
Organizational Commitment has on Readiness for Change on lecturers. This
research method is a quantitative method included in causality with a sample size of
70 lecturers from the Islamic University of Bandung, the University of Indonesian
Education, and the University of Pasundan. This study uses the Organizational
Commitment Questionnaire (OCQ) from Mowday et al., (1979) and the Readiness
for Change Scale from Holt et al., (2007). The results of this study based multiple
regression showed that Organizational Commitment has an effect influence on
Readiness for Change by 49.9% with the dimension of identification giving a large
effect on readiness to change.

Abstrak. Perubahan dan perkembangan tidak terhindarkan dalam keberlangsungan
organisasi saat ini dan di masa yang akan datang, termasuk organisasi bidang
pendidikan. Pendidikan di Indonesia saat ini mengalami perubahan dari program
Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM). Hal ini berdampak pada perguruan
tinggi dan anggota didalamnya, salah satunya yaitu dosen. Perubahan ini meliputi
aktivitas akademik, sistem pembelajaran, dan teknologi. Dosen yang terlibat aktif
dalam pencapaian nilai serta tujuan perguruan tinggi ketika diterapkan kebijakan
MBKM, menandakan adanya organizational commitment pada dosen.
Organizational commitment dikatakan memiliki hubungan dan pengaruh terhadap
Readiness for change, sehingga dapat mencapai keberhasilan perubahan yang terjadi
pada organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis
seberapa besar pengaruh Organizational Commitment terhadap Readiness for
Change pada dosen. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif termasuk
dalam kausalitas dengan jumlah sampel subjek yaitu 70 dosen yang berasal dari
Universitas Islam Bandung, Universitas Pendidikan Indonesia, dan Universitas
Pasundan. Penelitian ini menggunakan alat ukur Organizational Commitment
Questionaire (OCQ) dari Mowday et al., (1979) dan Readiness for Change Scale
dari Holt et al., (2007). Berdasarkan hasil regresi berganda didapatkan hasil bahwa
Organizational Commitment memberikan pengaruh yang besar terhadap Readiness
for Change sebesar 49,9% dengan dimensi identifikasi yang memberikan pengaruh
paling besar terhadap Readiness for change.

Published
2023-01-30