Hubungan Persepsi Mahasiswa tentang Metoda Pembelajaran Online dengan Kemampuan Cognitive Domain Di Universitas Islam Bandung

  • Nada Saffanah Puteri Zesika Psikologi,Psikologi
  • Susandari Psikologi,Psikologi
Keywords: Learning Methods, Cognitive Domain, Metoda Pembelajaran

Abstract

Abstract. In March 2020 there was the spread of the Covid-19 outbreak which resulted in the learning process at all levels of education. As solution, being carried E-Learning had to be implemented. According to Dawley (2007), E-Learning is learning that takes place anywhere and anytime that makes  easy for students to obtain material and provides equal opportunities in learning which can lead to greater participation by all students. There are  E-Learning methods, namely Modules, Assignments, Forums and Quiz which are often used during online learning at the Islamic University of Bandung. Students are expected to absorp the material by using these learning method and have ability to think systematically. The systematic thinking belongs  to the Cognitive Domain in Bloom's taxonomy. This study aims to examine the relationship between students' perceptions of learning methods with Cognitive Domain abilities. The respondent in this study were 370 students from 4 faculties of social science study programs at the Islamic University of Bandung using Convenience Sampling. The data were analyzed with the Pearson Moment Product . The results of this study stated there was correlation between Modul with  Comprehesion (0.128). Forum Method has a correlation with Knowledge (0.124). Task Method has a correlation with Application (0.116). Quiz Method has a correlation with Knowledge (0.128)  and with Analysis  (0.130).

Abstrak. Pada bulan maret 2020 adanya penyebaran wabah Covid-19 yang mengakibatkan proses pembelajaran semua jenjang Pendidikan dilakukan secara online/E-Learning. Menurut Dawley (2007) pembelajaran E-Learning merupakan pembelajaran yang berlangsung dimana saja dan kapan saja yang menjadikan peserta didik mudah untuk memperoleh materi dan memberikan kesempatan yang sama dalam belajar yang dapat mengarahkan partisipasi yang lebih besar oleh seluruh peserta didik.  Pengunaan metode pembelajaran Online/E-Learning yaitu Modul, Tugas, Forum dan Quiz yang sering digunakan selama pembelajaran online di Universitas Islam Bandung. Mahasiswa dituntut untuk menguasai materi dari metoda pembelajaran yang diberikan dan harus memiliki kemampuan berfikir secara sistematis. Berfikir secara sitematis ini termasuk ranah kognitif atau biasa disebut dengan Cognitive Domain didalam taksonomi bloom.  Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan pada persepsi mahasiswa tentang metoda pembelajaran dengan kemampuan Cognitive Domain. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 370 mahasiwa dari 4 fakultas prodi ilmu sosial di Universitas Islam Bandung dengan menggunakan Convenience Sampling. Pengukuran dilakukan dengan uji Korelasi Produk Moment Pearson, hasil penelitian ini menyatakan bahwa adanya hubungan yang signifikan dari persepsi mahasiswa tentang metoda pembelajaran online berupa Modul,Tugas dan Quiz dengan kemampuan Cognitive Domain. Persepsi mahasiswa tentang metoda pembelajaran online berupa Modul, Forum, Tugas dan Quiz memiliki hasil korelasi yang tidak jauh berbeda. Pada metoda pembelajaran Modul nilai korelasi sebesar 0,128 dengan Comprehesion. Untuk metoda pembelajaran berupa Forum memiliki nilai korelasi sebesar 0,124 dengan kemampuan Knowlage. Untuk metode pembelajaran berupa Tugas memiliki nilai korelasi sebesar 0,116 dengan kemampuan Aplication. Metoda pembelajaran Quiz memiliki nilai korelasi sebesar 0,128 dengan kemampuan Knowlage dan nilai korelasi sebesar 0,130 yaitu pada kemampuan Analysis.

Published
2023-02-01