Pengaruh Kepuasan Kerja terhadap Komitmen Organisasi Karyawan Perusahaan Daerah Air Minum Kota Bandung
Abstract
Abstract. This study aims to test and analyze the effect of job satisfaction on the organizational commitment of employees of the Bandung City Drinking Water Regional Company. As a business entity that provides the availability of clean water to the people of Indonesia. Regional Drinking Water Companies (PDAMs) must be able to maintain, maintain, and improve the quality of their human resources performance. Through satisfactory job satisfaction, it is expected to produce a high commitment from all employees to improve their services. This research uses a non- experimental quantitative approach with a causality study design. The data of this study are primary data through the dissemination of questionnaires. The study sample was 90 respondents with the position of section head, the sampling method used non-probability sampling with purposive sampling techniques. This study was tested using Structural Equation Modeling (SEM) analysis. The measuring instruments used in this study are the Job Satisfaction Survey (JSS) from Spektor (1994) which has been adapted by Aminollah and Fitra (2020) and the Organizational Commitment measuring tool from Allen & Meyer (1997) which was adapted by Sulistiawan et al., (2021). The results showed that job satisfaction affects affective commitments by 39.3%, job satisfaction affects continuance commitments by 29.1%, and job satisfaction affects normative commitments by 66.0%. The close influence between job satisfaction on all components of organizational commitment shows positive signs, meaning that every increase in job satisfaction will have an impact on increasing the three components of organizational commitment..
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh kepuasan kerja terhadap komitmen organisasi karyawan Perusahaan Daerah Air Minum Kota Bandung. Sebagai badan usaha yang memberikan ketersediaan air bersih kepada masyarakat Indonesia. Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) harus bisa menjaga, memelihara, dan meningkatkan kualitas kinerja SDM yang dimilikinya. Melalui kepuasan kerja yang memuaskan, diharapkan dapat menghasilkan komitmen yang tinggi dari seluruh karyawan untuk meningkatkan pelayanannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif non eksperimental dengan desain studi kausalitas. Data penelitian ini adalah data primer melalui penyebaran kuesioner. Sampel penelitian adalah 90 responden dengan jabatan kepala seksi, metode pengambilan sampel menggunakan non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini diuji menggunakan analisis Structural Equation Modelling (SEM). Alat ukur yang digunakan pada penelitian ini yaitu Job Satisfaction Survei (JSS) dari Spektor (1994) yang sudah di adaptasi oleh Aminollah dan Fitra (2020) dan alat ukur Organizational Commitment dari Allen & Meyer (1997) yang diadaptasi oleh Sulistiawan et al., (2021). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan kerja berpengaruh terhadap komitmen affective sebesar 39,3%, kepuasan kerja berpengaruh terhadap komitmen continuance 29,1%, dan kepuasan kerja berpengaruh terhadap komitmen normatif sebesar 66,0%. Adapun keeratan pengaruh antara kepuasan kerja terhadap seluruh komponen komitmen organisasi menunjukkan tanda positif, artinya setiap terjadi peningkatan kepuasan kerja akan berdampak pada meningkatnya ketiga komponen komitmen organisasi tersebut.