Pengaruh Self-esteem terhadap Fear of Missing Out pada Penggemar NCT

  • Amalia Fathinah Azzahra Psikologi, Universitas Islam Bandung
  • Lilim Halimah Psikologi, Universitas Islam Bandung
Keywords: Self-esteem, Fear of Missing Out (FoMO), Penggemar NCT

Abstract

Social media is widely used by 18-25 year olds and the type is Instagram. One of the functions of Instagram is as a medium of activity for K-pop fans. FoMO is a fear of missing out on the latest information or trends that are developing on Instagram and the fear of not getting fun things done by their idols or friends. This phenomenon can be seen in NCT fans because they want to always connect with their idols. Self-esteem as a predictor of FoMO and the results of its evaluation of itself which is seen through self-competence and self-liking. If NCT fans have low self-esteem, then they can't build relationships with their surroundings. The purpose of this study was to obtain empirical data on how much influence self-esteem has on FoMO in NCT fans. In this study, two measuring instruments were used, namely the FoMO scale from Przybylski et al. (2013) and the Self-Liking/Self-Competence Scale-Revised (SLCS-R) from Tafarodi & Swann (2001) which have been adapted into Indonesian by previous researchers. The sample in this study was 140 people who were NCT fans aged 18-25 years and actively used Instagram. The method uses causality with a quantitative approach. The analysis technique uses a simple regression analysis test. The hypothesis of this research is that there is an effect of self-esteem on FoMO in NCT fans. The results of the analysis in this study obtained the P-value (0.538) > a (0.05), then H0 was accepted.

Media sosial banyak digunakan oleh usia 18-25 tahun dan jenis yang banyak digunakan ialah Instagram. Instagram memiliki fungsi, salah satunya sebagai sarana aktivitas penggemaran K-pop. FoMO merupakan takut tertinggal informasi terbaru ataupun trend yang berkembang di Instagram dan takut tidak mendapatkan hal menyenangkan yang dilakukan oleh idolanya atau teman-temannya. Fenomena ini dapat dilihat pada penggemar NCT karena ingin selalu terhubung dengan idolanya. Self-esteem sebagai prediktor adanya FoMO. Self-esteem adalah hasil evaluasi terhadap dirinya yang dilihat melalui self-competence dan self-liking. Jika penggemar NCT memiliki self-esteem yang rendah maka dirinya tidak dapat membangun relasi dengan lingkungan sekitarnya. Tujuan penelitian ini ialah untuk mendapatkan data empiris mengenai seberapa besar pengaruh self-esteem terhadap FoMO pada penggemar NCT. Dalam penelitian ini menggunakan dua alat ukur yaitu skala FoMO dari Przybylski et al. (2013) dan Self-Liking/Self-Competence Scale-Revised (SLCS-R) dari Tafarodi & Swann (2001) yang telah diadaptasi ke dalam bahasa Indonesia oleh peneliti sebelumnya. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 140 orang yang merupakan penggemar NCT berusia 18-25 tahun dan aktif menggunakan Instagram. Metode menggunakan kausalitas dengan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis menggunakan uji analisis regresi sederhana. Hipotesis penelitian ini yaitu adanya pengaruh self-esteem terhadap FoMO pada penggemar NCT. Hasil analisis pada penelitian ini diperoleh nilai P-value (0,538) > a (0,05), maka H0 diterima.

Published
2023-01-25