Hubungan antara Keterampilan Sosial dengan Problematic Internet Use pada Mahasiswa Kota Bandung

  • Reza Fairuz Hilmy Psikologi, Universitas Islam Bandung
  • Indri Utami Sumaryanti Psikologi, Universitas Islam Bandung
Keywords: sosial skill, problematic internet use, keterampilan sosial, mahasiswa, college students

Abstract

Abstract. A person with problematic internet use cannot control their impulsive urge to use the internet. The majority of students show symptoms of problematic internet use, which include prolonged internet use for more than six hours and have low social skills. This study is a correlational study with a quantitative approach with Spearman Rank analysis. The purpose of this study is to see how close the relationship between problematic internet use and social skills. The sample in this study were 103 students in Bandung city. The measuring instrument used is social skills developed by Wu (2008), and the Generalised Problematic Internet Use Scale 2 (GPIUS 2) measuring instrument constructed by Caplan (2010). The results showed that there is a relationship between social skills and problematic internet use which is at a weak level and there is a significant negative relationship between social skills variables and problematic internet use.

Keywords: Social Skills, Problematic Internet Use, College Students.

Abstrak. Seseorang dengan problematic internet use tidak dapat mengendalikan dorongan impulsif mereka untuk menggunakan internet. Mayoritas mahasiswa menunjukkan gejala problematic internet use, yang meliputi penggunaan internet yang berkepanjangan selama lebih dari enam jam dan memiliki keterampilan sosial yang rendah. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif dengan analisi Rank Spearman. Tujuan dari penelitian ini untuk melihat seberapa erat hubungan antara problematic internet use dan keterampilan sosial. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa di kota Bandung yang berjumlah 103 orang. Alat ukur yang digunakan adalah keterampilan sosial yang  dikembangkan oleh Wu (2008), dan alat ukur Generalized Problematic Internet Use Scale 2 (GPIUS 2) yang dikonstruksikan oleh Caplan (2010). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara keterampilan sosial dengan problematic internet use yang berada pada tingkat yang lemah dan terdapat hubungan negatif yang signifikan antara variabel keterampilan sosial dengan problematic internet use.

Kata Kunci: Keterampilan Sosial, Problematic Internet Use, Mahasiswa.

Published
2023-01-23