Pengaruh Growth Mindset terhadap Work Engagement pada Dosen

  • Lutfiah Milania Psikologi, Psikologi
  • Hendro Prakoso Prodi Psikologi, Fakultas Psikologi
  • Vici Sofianna Putera Prodi Psikologi, Fakultas Psikologi
Keywords: Growth Mindset, Work Engagement, Dosen

Abstract

Abstract. The aim of this study is to determine the effect of growth mindset on lecturer’s work engagement. This research was conducted on 95 lecturers at the Indonesian Education University, Bandung Islamic University, and Pasundan University using a quantitative methods with a causality research design and analyzed using a simple linier regression test. Growth mindset was measured using the Implicit Theories Scale from Dweck (2006) which was adopted by the researcher, while work engagement was measured using the Utrecht Work Engagement Scale-17 (UWES-17) from Schaufeli & Bakker (2002) which was adopted by Sutisna, et al (2020). The results show that growth mindset had a significant effect on work engagement in lecturers by 50%.

Abstrak. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh growth mindset terhadap work engagement yang dilakukan pada dosen di Perguruan Tinggi Bandung. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 95 dosen di Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Islam Bandung, dan Universitas Pasundan dengan menggunakan metode kuantitatif serta desain penelitian kausalitas dan menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana. Growth mindset diukur menggunakan alat ukur Implicit Theories Scale dari Dweck (2006) yang diadaptasi oleh peneliti, sedangkan untuk work engagement diukur dengan Utrecht Work Engagement Scale-17 (UWES-17) dari Schaufeli & Bakker (2002) yang telah diadaptasi oleh Sutisna, et al (2020). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa growth mindset memberikan pengaruh besar terhadap work engagement pada dosen yaitu sebesar 50%.

Published
2023-01-25