Pengaruh Prestasi Belajar terhadap Kematangan Karir pada Mahasiswa Tingkat Akhir di Universitas Islam Bandung

  • Reina Aulia Dewi Psikologi, Universitas Islam Bandung
  • Temi Damayanti Djamhoer Psikologi, Universitas Islam Bandung
Keywords: Prestasi Belajar, Kematangan Karir, Mahasiswa, Universitas Islam Bandung

Abstract

Abstract. Final year-students in career development are in the exploration stage, where in this stage they are said to have high career maturity if individuals can obtain more complete and accurate information regards to work, choose alternative careers, and decide to start working. However, there are still many final-year students at Bandung Islamic University who feel confused about what to do after graduating from college. Furthermore, students find it difficult to plan their future careers since there are still many things they do not know about their chosen career. In fact, most of them have high GPA scores, they should be able to plan their future careers since one of the factors which can affect career maturity is learning achievement. Achievement will determine the success or failure of education. Therefore, achievement has an important function for students' future. The aim of this study is that to see how much influence learning achievement on career maturity in final-year students at Bandung Islamic University. This study used the causality method with simple linear regression data analysis. Moreover, the measuring instrument used for learning achievement was the student's last GPA score while for career maturity was the Super career maturity scale which had been modified by Mutiara S & Sartika D (2022). In addition, the samples obtained in this study were 268 students at Bandung Islamic University. The result shows that there is no effect of the learning achievement variable on the career maturity variable in final-year students at Bandung Islamic University with a contribution of 22%.

 

Abstrak. Mahasiswa tingkat akhir dalam perkembangan karir berada di tahap eksplorasi, dimana dalam tahapan ini dikatakan memiliki kematangan karir yang tinggi jika individu dapat memperoleh informasi yang lebih lengkap dan akurat tentang pekerjaan, memilih karir alternatif, dan memutuskan bahkan mulai bekerja. Akan tetapi masih banyak mahasiswa tingkat akhir di Universitas Islam Bandung yang merasa masih bingung terkait apa yang harus dilakukannya selepas lulus dari perguruan tinggi. Disamping itu, mahasiswa juga merasa kesulitan dalam merencanakan karir masa depannya karena masih banyak hal yang tidak ia ketahui terkait karir pilihannya tersebut. Padahal sebagian besar diantaranya memiliki nilai IPK yang tinggi, sehingga seharusnya ia mampu merencanakan karir masa depannya. Karena salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kematangan karir adalah prestasi belajar. Prestasi akan menentukan berhasil atau tidaknya pendidikan, karena itu prestasi memiliki fungsi yang penting bagi mahasiswa untuk menjadi bekal masa depannya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat seberapa besar pengaruh prestasi belajar terhadap kematangan karir pada mahasiswa tingkat akhir di Universitas Islam Bandung. Penelitian ini menggunakan metode kausalitas dengan analisis data regresi linear sederhana. Alat ukur yang digunakan untuk prestasi belajar adalah nilai IPK terakhir mahasiswa dan untuk kematangan karir adalah skala kematangan karir Super yang telah dimodifikasi oleh Mutiara S & Sartika D (2022). Sampel yang didapatkan dalam penelitian ini berjumlah sebanyak 268 mahasiswa Universitas Islam Bandung. Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat pengaruh dari variabel prestasi belajar terhadap variabel kematangan karir pada mahasiswa tingkat akhir di Universitas Islam Bandung dengan kontribusi sebesar 22%.

Published
2023-01-22