Tinjauan Naratif Konseling Islam Dalam Menangani Kasus Bullying yang Berdampak terhadap Kesehatan Mental pada Siswa di Sekolah

  • Ria Alfarina Psikologi, Universitas Islam Indonesia
  • Nur Widiasmara Psikologi, Universitas Islam Indonesia
Keywords: Bullying, Kesehatan Mental, Konseling Islam, Bullying di Sekolah

Abstract

Abstract. The purpose of this study was to find out how the impact of bullying on mental health and apply Islamic counseling techniques as an effort to handle and reduce cases of bullying in schools. The method used is a systematic process of literature that discusses this issue in general based on the results of previous research. The results showed that bullying greatly affects the mental health of students in schools and Islamic counseling is able to reduce cases of bullying in schools. This literature review is expected to help teachers, students, parents and all those involved in the education process in schools in dealing with and reducing bullying cases.

Abstrak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana dampak bullying terhadap kesehatan mental yang kemudian menerapkan teknik konseling islam sebagai upaya menangani dan mengurangi kasus bullying di sekolah. Metode yang digunakan adalah proses sistematis literature yang membahas secara umum mengenai masalah ini berdasarkan hasi penelitian sebelumnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bullying sangat mempengaruhi kesehatan mental pada siswa disekolah dan konseling islam mampu untuk mengurangi kasus bullying di sekolah. Kajian literatur ini diharapkan dapat membantu guru, siswa, orang tua dan semua yang terlihat dalam proses pendidikan di sekolah dalam menangani dan mengurangi kasus bullying.

Published
2022-10-22