Studi Deskriptif Kematangan Karier pada Siswa SMAN di Kota Bandung

  • Chika Nurul Hadisti Psikologi, Fakultas Psikologi
  • Dewi Sartika Psikologi, Fakultas Psikologi
Keywords: kematangan karier, siswa

Abstract

Abstract. Career maturity is an individual's success in completing career development tasks which include individual behavior in identifying, selecting, planning, implementing career goals that are age-appropriate for the stage of career development. There is a problem of career maturity, when students who will continue to college in terms of choosing majors that are not in accordance with their interests. This research was conducted to observe the description of career maturity towards senior year of high school students in Bandung. The analysis in this study uses a descriptive method with quantitative analysis. This study uses a career maturity measurement tool from Dr. Dewi Sartika, M.Sc. The results obtained shows that the career maturity of students has a high career maturity, with a percentage of 93.2%. In addition, the results of the career planning aspect are in the high category of 57.6%, the career exploration aspect is in the medium category of 50.7%, the decision-making aspect is in the medium category of 68.3%, and the world of work information aspect is in the middle category. high category by 66.3%.

Abstrak.  Kematangan karier merupakan keberhasilan individu dalam menyelesaikan tugas perkembangan karir yang diantaranya perilaku individu dalam mengidentifikasi, memilih, merencanakan, menerapkan tujuan karier yang sesuai usia tahap perkembangan kariernya. Terdapat permasalahan kematangan karier yaitu siswa yang akan melanjutkan ke Perguruan Tinggi dalam hal pemilihan jurusan yang tidak sesuai dengan minatnya. Penelitian ini dilakukan untuk melihat gambaran kematangan karier pada siswa kelas 12 SMAN Kota Bandung. Analisis dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan analisis kuantitatif. Penelitian ini menggunakan alat ukur kematangan karier dari Dr. Dewi Sartika, M.Si. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa gambaran kematangan karier siswa memiliki kematangan karier yang tinggi, yaitu sebanyak 93,2 %.  Selain itu hasil dari aspek perencanaan karier berada pada kategori tinggi sebesar 57,6%, aspek eksplorasi karier berada pada kategori sedang sebesar 50,7%, aspek pengambilan keputusan berada pada kategori sedang sebesar 68,3%, dan aspek informasi dunia kerja berada pada kategori tinggi sebesar 66,3%.

Published
2022-01-18