Hubungan antara Penalaran Moral dengan Kecurangan Akademik pada Mahasiswa di Kota Bandung

  • Yoery Sukmana Dewi Psikologi, Universitas Islam Bandung
  • Dewi Rosiana Psikologi, Universitas Islam Bandung
Keywords: Kecurangan akademik, Penalaran moral, Mahasiswa

Abstract

Abstract. Academic dishonesty committed while a student has the potential to have a negative impact on the student's behavior in the future while he is working. The purpose of this study was to determine the relationship between moral reasoning and academic cheating on students in the city of Bandung. The research design used is a quantitative correlational design approach. The number of participants was 102 students with an average age of 21 years, with an SD of .88, and consisted of 6% male and 94% female in Bandung, which was obtained by convenience sampling technique. The researcher used the Academic Dishonesty Scale (ADS) measuring instrument, and structured interviews on moral reasoning. The results showed that the .r value between moral reasoning and academic cheating was -.231. These results indicate that there is a negative relationship between moral reasoning and academic cheating, meaning that the lower the student's moral reasoning, the higher the academic cheating committed by students. Suggestions are given to the university parties to improve moral reasoning and reduce the level of academic cheating.

Abstrak. Kecurangan akademik yang dilakukan saat menjadi mahasiswa berpotensi berdampak negatif pada  perilaku mahasiswa tersebut di masa depan saat dia  bekerja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara penalaran moral dengan kecurangan akademik pada Mahasiswa di Kota Bandung. Desain penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif desain korelasional. Jumlah partisipan sebanyak 102 mahasiswa dengan rata-rata usia 21 tahun,  dengan SD sebesar .88, dan terdiri dari 6% laki-laki, dan 94% perempuan di Kota Bandung, yang diperoleh dengan teknik convinience sampling. Peneliti menggunakan alat ukur Academic Dishonesty Scale (ADS), dan wawancara terstruktur mengenai penalaran moral. Hasil penelitian menunjukan nilai korelasi antara penalaran moral dengan kecurangan akademik sebesar r -.231. Hasil ini menunjukkan terdapat hubungan negatif antara penalaran moral dengan kecurangan akademik, artinya semakin rendah penalaran moral mahasiswa maka semakin tinggi kecurangan akademik yang dilakukan mahasiswa. Saran diberikan kepada pihak kemahasiswaan universitas guna meningkatkan penalaran moral dan menurunkan tingkat kecurangan akademik.

Published
2022-07-26