Pengaruh Implementasi Pendidikan Karakter terhadap Self-Esteem Anggota Paskibra Kota Bandung

  • Indah Ayu Lestari Psikologi, Universitas Islam Bandung
  • Yuli Aslamawati Psikologi, Universitas Islam Bandung
Keywords: Pendidikan Karakter, Self-esteem, Paskibra Kota Bandung

Abstract

Abstract. Paskibra Kota Bandung has implemented character education with high discipline, oriented towards good moral behavior in order to become strong individuals for members. It is perceived that self-esteem is able to be constructed through character education. However, there are some members who still take actions that are not in accordance with environmental demands, how to deal with bad problems, do not maintain self-esteem, and are irrational which are one of the characteristics of people who have low self-esteem. These behaviors also become the main reason of the researcher to perceive the impact of character education to self-esteem and how it is depicted in Paskibra Kota Bandung members. To conduct the research, quantitative methodology with causality non-experimental design are used. The Subjects were all members of Paskibra Kota Bandung as 264 people. To analyze the data, simple linear regression model is used. The measuring instrument used in the research is Character Education created by Febrian Nur Al Fajri (2020) which arranged from Character Education of Thomas Lickona (Dalmeri, 2014) and Self-Esteem developed by Mruk (2006) and created by Ismi Hanifah (2016). The result of research finds that there is positive impact of Implementing Character Education to self-esteem with R square in the amount of 30%. The research also discovers that 73.5% members of Paskibra Kota Bandung have high self-esteem.

Abstrak. Paskibra Kota Bandung telah mengimplementasikan pendidikan dengan disiplin yang tinggi, berorientasi pada perilaku moral baik agar menjadi pribadi yang tangguh pada anggotanya. Pendidikan karakter dikatakan dapat meningkatkan self-esteem pada individu. Namun, terdapat beberapa anggota yang masih melakukan tindakan yang tidak sesuai tuntutan lingkungan, cara mengatasi masalah buruk, tidak menjaga harga diri, dan tidak rasional yang merupakan salah satu ciri dari seseorang yang memiliki self-esteem rendah. Hal inilah yang mendorong peneliti untuk melihat pengaruh implementasi pendidikan karakter terhadap self-esteem, dan juga untuk melihat gambaran dari self-esteem pada anggota Paskibra Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain kausalitas non-eksperimental. Subjek penelitian adalah semua anggota Paskibra Kota Bandung sebanyak 264 orang. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan regresi linear sederhana. Alat ukur yang digunakan pada penelitian ini adalah Pendidikan Karakter yang dibuat oleh Febrian Nur Al Fajri (2020), yang disusun berdasarkan aspek Pendidikan karakter yang dikemukakan oleh Thomas Lickona (dalam Dalmeri, 2014), dan Self-esteem yang dikembangkan oleh Mruk (2006) dan dibuat oleh Ismi Hanifah (2016). Hasil penelitian ditemukan bahwa adanya pengaruh positif dari Implementasi Pendidikan Karakter terhadap Self-esteem dengan R square sebesar 0.300 atau sebesar 30%. Penelitian ini juga menemukan sekitar 73.5% anggota Paskibra Kota Bandung memiliki self-esteem yang tinggi.

Published
2022-07-26