Pengaruh Character Strength terhadap Penyesuaian Diri pada Santri Aisyiyah Boarding School

  • Nadifa Sabira Rahadita Psikologi, Universitas Islam Bandung
  • Yuli Aslamawati Psikologi, Universitas Islam Bandung
Keywords: Character Strength, Santri, Penyesuaian Diri

Abstract

Abstract.  Students who studied in Islamic boarding schools come from various regions that have different backgrounds such as culture that makes students have to deal with various situations related to the adjustment process. The students of Aisyiyah Boarding School show the ability to adapt to the conditions of the boarding school by showing positive behaviors when carrying out activities at the boarding school. According to Schneiders, personality is one of the factors influencing the adjustment process in adolescents, one of which forms the personality of the characters that exist in adolescents. The purpose of this study is to determine the effect of Character Strength on self-adjustment in Aisyiyah Boarding School students. This study is study population with 47 students of Aisyiyah Boarding School. The method used is causality with multiple linear regression analysis techniques. The instrument used is the Values ​​in Action Inventory Strength of Youth (VIA-Youth) with 88 items adapted by Marlina (2011) and the adjustment scale made by Laely (2017) based on aspects of adjustment according to Haber and Runyon (1984). The data obtained from this study were tested using the t-test (t-test) and the result is that there is an effect of Character Strength on Self-Adjustment. The characters of open mindedness, kindness, spirituality and humor are the dominant characters that influence the good adjustment of students.

Abstrak. Santri yang menjalankan pendidikan di pondok pesantren datang dari beragam wilayah yang memiliki perbedaan latar belakang seperti budaya dan tempat tinggal. Hal tersebut memungkinkan santri untuk berhadapan dengan berbagai situasi yang berkaitan dengan proses penyesuaian diri. Beberapa penelitian menyoroti penyesuaian diri para santri yang sulit bahkan penyesuaian diri yang di kategorikan buruk. Pada santri Aisyiyah Boarding School menunjukkan kemampuan menyesuaikan diri dalam menghadapi keadaan pesantren dengan menampilkan perilaku-perilaku positif saat menjalankan kegiatan di pesantren. Menurut Schneiders kepribadian adalah salah satu faktor mempengaruhi proses penyesuaian diri pada remaja, yang membentuk kepribadian salah satunya adalah karakter-karakter yang ada pada diri remaja. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Character Strength terhadap penyesuaian diri pada santri Aisyiyah Boarding School. Penelitian ini merupakan penelitian populasi dengan jumlah responden 47 orang santri Aisyiyah Boarding School.  Metode yang digunakan adalah kausalitas dengan teknik analisis regresi linier berganda. Instrumen yang digunakan adalah Values in Action Inventory Strength of Youth (VIA-Youth) sejumlah 88 item yang diadaptasi oleh Marlina (2011) dan skala penyesuaian diri disusun oleh Laely (2017) berdasarkan aspek dari penyesuaian diri menurut Haber dan Runyon (1984). Data yang didapat dari penelitian ini diuji menggunakan uji-t (t-test) dan hasilnya adalah ada pengaruh Character Strength terhadap Penyesuaian Diri. Karakter open mindedness, kindness, spirituality dan humor adalah karakter yang dominan yang berpengaruh terhadap penyesuaian diri santri yang baik.

Published
2022-07-26