Pengaruh Self Disclosure terhadap Stres Akdemik pada Mahasiswa Tingkat Akhir di Unisba

  • Rahmani Afifa Kurniasani Psikologi, Universitas Islam Bandung
  • Hedi Wahyudi Psikologi, Universitas Islam Bandung
Keywords: Self-Disclosure, Stres Akademik, Mahasiswa Tingkat Akhir, Skripsi

Abstract

Abstract. Academic stress is stress that comes from academic activities and burdens. Thesis for students is an obligation that must be completed within a certain period of time. During the thesis process, some students took longer than the specified time. Many factors can affect student delays when compiling a thesis. Seeing the impact of stress that is not light, the right technique is needed to minimize and overcome the impact of stress so that it does not get worse and prolonged. One way to find out about the situation is to open up. The purpose of this study was to determine how much influence self-disclosure has on stress levels in final year students who are late in completing their thesis at the Islamic University of Bandung. The method used in this study is the method of causality. Respondents in this study were active students of the Islamic University of Bandung who were reluctant to write a thesis and had exceeded the study period, amounting to 225 people. The data analysis technique used in this research is Simple Linear Regression Analysis. The results of this study indicate that there is an effect of 43.3%.

Abstrak. Stres akademik adalah stres yang bersumber dari aktivitas dan beban akademik. Skripsi bagi mahasiswa merupakan kewajiban yang harus diselesaikan dalam kurun waktu tertentu. Pada saat proses pengerjaan skripsi, beberapa mahasiswa membutuhkan waktu yang lebih lama dari yang sudah ditetapkan. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi keterlambatan mahasiswa saat menyusun skripsi. Melihat dampak stres yang tidak ringan, perlu teknik yang tepat untuk meminimalisir dan menanggulangi dampak stres agar tidak semakin buruk dan berkepanjangan. Salah satu upaya untuk mengetahui situasi tersebut adalah dengan membuka diri. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa besar pengaruh self-disclosure terhadap tingkat stres pada mahasiswa tingkat akhir yang terlambat menyelesaikan skripsi di Universitas Islam Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kausalitas. Responden dalam penelitian ini yaitu Mahasiswa aktif Universitas Islam Bandung yang sengan menyusun skripsi dan telah melampaui masa studi yang berjumlah 225 orang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Analisis Regresi Linear Sederhana. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh sebesar 43,3%.

Published
2022-07-26