Pengaruh Efikasi Diri Menyelesaikan Skripsi terhadap Kesejahteraan Psikologis pada Mahasiswa yang Sedang Menyusun Skripsi di Universitas Islam Bandung

  • Alifa Nuraini Psikologi, Universitas Islam Bandung
  • Endah Nawangsih Psikologi, Universitas Islam Bandung
Keywords: Efikasi Diri Menyelesaikan Skripsi, Kesejahteraan Psikologis, Mahasiswa yang Sedang Menyusun Skripsi

Abstract

Abstract. Students who are writing their thesis experience various kinds of psychological distress so that students are often not well-being. Thesis is a scientific work written to fulfill the final task. The abilities needed by students in writing thesis are to think scientifically, construct concepts, and think critically so that internal factors play a major role in the completion of the thesis. Self-efficacy is an internal predictor for the psychological well-being of students who are writing their thesis. This study aims to determine how much influence the self-efficacy of completing a thesis on the psychological well-being of students writing a thesis at the Bandung Islamic University. This research uses causality method with simple linear regression data analysis. The measuring instrument used in this study is the General Self-Efficacy Scale (GSES) by Novrianto, Marettih & Wahyudi (2019) which was later modified by the researcher with the results of Cronbach's Alpha 0.921 and the Psychological Well-Being Scale (PWBS) which has been adapted by Rachmayani & Ramadhani (2014). The final sample obtained in this study were students who were working on a thesis at the Bandung Islamic University with a total sample of 327 students. The results showed a significance level of .000 < .05, so that it is known that there is an influence of the variable self-efficacy in completing the thesis on the psychological well-being variable with a contribution of 46.6%.

Abstrak. Mahasiswa yang sedang menyusun skripsi mengalami berbagai macam distres psikologis sehingga mahasiswa seringkali tidak sejahtera secara psikologis. Skripsi merupakan karya ilmiah yang ditulis untuk memenuhi tugas akhir. Kemampuan yang diperlukan mahasiswa dalam menulis skripsi adalah berpikir secara ilmiah, mengontruksi konsep, dan berpikir secara kritis sehingga faktor internal berperan besar terhadap penyelesaian skripsi. Efikasi diri menjadi prediktor internal bagi kesejahteraan psikologis mahasiswa yang sedang menyusun skripsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh efikasi diri menyelesaikan skripsi terhadap kesejahteraan psikologis pada mahasiswa sedang menyusun skripsi di Universitas Islam Bandung.  Penelitian ini menggunakan metode kausalitas dengan analisis data regresi linear sederhana. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah General Self-Efficacy Scale (GSES) oleh Novrianto, Marettih &  Wahyudi (2019)  yang kemudian dimodifikasi oleh peneliti dengan hasil Alpha Cronbach 0.921 dan  Psychological Well-Being Scale (PWBS) yang telah diadaptasi oleh Rachmayani & Ramadhani (2014).  Sampel akhir yang didapatkan dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi di Universitas Islam bandung dengan jumlah sampel sebanyak 327 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan tingkat signifikansi sebesar .000 < .05, sehingga diketahui terdapat pengaruh variabel efikasi diri menyelesaikan skripsi terhadap variabel kesejahteraan psikologis dengan kontribusi sebesar 46.6%.

Published
2022-07-26