Pengaruh Teacher Confirmation terhadap Online Student Engagement pada Mahasiswa di Jawa Barat

  • Ashri Yasinta Nurhaliza Psikologi, Universitas Islam Bandung
  • Sulisworo Kusdiyati Psikologi, Universitas Islam Bandung
Keywords: Mahasiswa, Online Student Engagement, Teacher Confirmation

Abstract

Abstract. Online learning is carried out at universities in Indonesia during the Covid-19 pandemic. One of the important components that can make online learning work effectively is student engagement. There is a gap in research results which state that support from teachers can affect student engagement in online learning. According to Ellis (2000), support from the teacher in the form of teaching methods, responding to questions, and showing interest in students can lead to teacher confirmation that is perceived by students. The purpose of this study was to determine the effect of teacher confirmation on online student engagement. The method used in this research is causality. The measuring tools used are online student engagement (OSE) developed by Dixson (2015) and teacher confirmation developed by Ellis (2000). Respondents in this study were college students in West Java Province who participated in online learning. This study used the convenience sampling method, with a total sample of 402 students in West Java Province. This study uses a simple linear regression analysis. The results of this study stated that teacher confirmation had a positive effect on online student engagement (β=.49; p<.05). The contribution of teacher confirmation to online student engagement is 24.6% (R^2=24.6%). The online student engagement variable can be explained by the teacher confirmation variable of 24.6%.

Abstrak. Pembelajaran secara daring dilakukan pada perguruan tinggi di Negara Indonesia pada masa pandemi Covid-19. Salah satu komponen penting yang dapat membuat pembelajaran secara daring dapat berjalan secara efektif adalah student engagement. Terdapat kesenjangan dalam hasil-hasil penelitian yang menyatakan bahwa dukungan dari pengajar dapat mempengaruhi student engagement dalam pembelajaran daring. Menurut Ellis (2000), dukungan dari pengajar dalam pembelajaran berupa metode pengajaran, merespon terhadap pertanyaan, dan menunjukkan ketertarikan pada mahasiswanya dapat memunculkan teacher confirmation yang dipersepsikan oleh mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh teacher confirmation terhadap online student engagement pada mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah kausalitas. Alat ukur yang digunakan, online student engagement (OSE) yang dikembangkan oleh Dixson (2015) dan teacher confimation yang dikembangkan oleh Ellis (2000). Responden pada penelitian ini adalah mahasiswa di Provinsi Jawa Barat yang melaksanakan pembelajaran secara daring. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode convenience sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 402 mahasiswa di Provinsi Jawa Barat. Penelitian ini menggunakan analisis uji regresi linear sederhana. Hasil pada penelitian ini menyatakan bahwa teacher confirmation berpengaruh  positif terhadap online student engagement (β=.49; p<.05). Kontribusi teacher confirmation terhadap online student engagement sebesar 24.6% ( =24.6%).  Variabel online student engagement dapat dijelaskan oleh variabel teacher confirmation sebesar 24.6%.

Published
2022-07-26