Pengaruh Celebrity Worship terhadap Compulsive Buying pada Penggemar K-Pop Dewasa Awal Bandung

  • Anisa Sofwan Psikologi, Universitas Islam Bandung
  • Indri Utami Sumaryanti Psikologi, Universitas Islam Bandung
Keywords: pemujaan selebriti, pembelian kompulsif, dewasa awal

Abstract

Abstract. Korean waves in the form of Korean music or K-Pop have already occurred in Indonesia. K-Pop fans who do celebrity worship are dominated by early adults (Noer, 2021). Meanwhile, according to Raviv (1996), when entering the stage of early adult development, the celebrity worship experienced will decrease. K-Pop fans are famous for their loyalty, one way to do this is by buying merchandise related to idols (Barus, 2019), if they are not controlled, they tend to show compulsive buying behavior. The purpose of this study was to determine the effect of celebrity worship on compulsive buying on early adult kpop fans in Bandung. This research method is quantitative with causality research design. The theory used in this research is the celebrity worship theory from Maltby et al (2006) and the Compulsive Buying theory from Edward (1993). The measuring instrument used in this study to measure celebrity worship used the Celebrity Atitude Scale (CAS) compiled by Maltby et al (2006) adapted by Vera Novita Efathania and Aisyah (2019) and to measure compulsive buying using the Compulsive Buying Scale (CBS) compiled by Edwards (1993) adapted by Dinda Elmanda and Sita Rositawati (2020). This research was conducted on 200 early adult K-Pop fans domiciled in the city of Bandung. Data analysis used a simple linear regression model with SPSS version 26 for Windows application. The results of the study found that there was a significant influence of the celebrity worship variable on the compulsive buying variable of 38.4%.

Abstrak. Korean waves dalam bentuk musik korea atau K-Pop sudah terjadi di Indonesia. Penggemar K-Pop yang melakukan celebrity worship di dominasi oleh dewasa awal (Noer, 2021). Sedangkan menurut Raviv (1996), ketika memasuki memasuki tahap perkembangan dewasa awal maka celebrity worship yang dialami akan berkurang. Penggemar K-Pop terkenal dengan loyalitasnya, salah satu cara yang dilakukan adalah dengan membeli merchandise terkait dengan idola (Barus, 2019), perilaku membeli merchandise jika tidak terkontrol maka cendurung memperlihatkan perilaku compulsive buying. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh celebrity worship terhadap compulsive buying pada penggemar kpop dewasa awal di bandung. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain penelitian kausalitas. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah untuk teori celebrity worship dari Maltby et al (2006) dan teori Compulsive Buying dari Edward (1993). Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini untuk mengukur celebrity worship menggunakan Celebrity Atitude Scale (CAS) yang disusun oleh Maltby et al (2006) diadaptasi oleh Vera Novita Efathania dan Aisyah (2019) serta untuk mengukur compulsive buying menggunakan Compulsive Buying Scale (CBS) yang disusun oleh Edwards (1993) di adaptasi oleh Dinda Elmanda dan Sita Rositawati (2020). Penelitian ini dilakukan pada 200 penggemar K-Pop dewasa awal berdomisili di Kota Bandung. Analisis data mengunakan model regresi linear sederhana dengan aplikasi SPSS versi 26 for Windows. Hasil penelitian menemukan bahwa secara signifikan terdapat pengaruh variabel celebrity worship terhadap variabel compulsive buying sebesar 38,4%.

Published
2022-07-26