Pengaruh Komitmen Organisasi terhadap Kesiapan untuk Berubah pada Guru di SMA X Cilegon

  • Ricky Melani Psikologi, Universitas Islam Bandung
  • Suhana Psikologi, Universitas Islam Bandung
Keywords: Komitmen afektif, Komitmen kontinuan, Komitmen normatif, kesiapan untuk berubah, Organizational Commitment Questionaire (OCQ), Readiness of Change(ROC), SMA X Cilegon

Abstract

Abstract. This study was conducted to determine the effect of organizational commitment on the readiness to change in teachers at SMA X Cilegon. The results of this study are also in line with the results of research conducted by Fazzari (2021) and Naufal's research (2018) which became the research reference. The number of samples in this study consisted of 44 people. This study uses a quantitative approach using the Organizational Commitment Questionnaire (OCQ) Allen and Meyer (1990) and Readiness of Change (ROC) Holt, Armenakis, Field and Harris (2007) which have been adapted from previous researchers and analyzed using SPSS statistics. The results of the study using the SPSS-27 calculation show that (1) Affective commitment with a significance of 0.000 has a positive and significant effect on readiness to change with a coefficient value of 0.448 (2) Continuing commitment with a significance of 0.000 has a positive effect on readiness to change with a coefficient value of 0.554, with the results The continuance commitment becomes the most dominant variable on readiness to change (3) normative commitment with a significance of 0.002 has a positive effect on readiness to change with a coefficient value of 0.371.

Abstrak. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh antara komitmen organisasi terhadap kesiapan untuk berubah pada guru di SMA X Cilegon. Hasil dari penelitian ini juga sejalan dengan hasil penelitian yang dilakukan oleh Fazzari (2021) dan penelitian Naufal (2018) yang menjadi rujukan penelitian, Jumlah sampel dalam penelitian ini terdiri dari 44 orang. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan alat ukur Organizational Commitment Questionaire (OCQ) Allen dan Meyer (1990) dan  Readiness of Change (ROC) Holt,  Armenakis, Field dan Harris (2007) yang telah diadaptasi dari peneliti sebelumnya dan di analisis menggunakan statistik SPSS. Hasil penelitian menggunakan pergitungan SPSS-27 menunjukkan bahwa (1) Komitmen afektif dengan signifikansi 0,000 berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan untuk berubah dengan nilai koefisien 0,448 (2) Komitmen kontinuan dengan signifikansi 0,000 berpengaruh positif terhadap kesiapan untuk berubah dengan nilai koefisien 0,554, dengan hasil tersebut Komitmen kontinuan menjadi variabel yang paling dominan terhadap kesiapan untuk berubah (3) komitmen normatif dengan signifikansi 0,002 berpengaruh positif terhadap kesiapan untuk berubah dengan nilai koefisien 0,371.

Published
2022-07-26