Hubungan Self Efficacy dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa yang Mengerjakan Skripsi di Universitas Islam Bandung

  • Rr Rizky Dyah Triwahyuni Psikologi, Fakultas Psikologi
  • Siti Qodariah Psikologi, Fakultas Psikologi
Keywords: Self Efficacy, Prokrastinasi Akademik, Mahasiswa

Abstract

Abstract. One of the demands given to students in completing high school studies is the final task (thesis). Students who are working on a thesis will not escape the revision or improvement of a thesis. Making students lose confidence in doing tasks, lazy, attention that is easily disturbed while working on a task, lack of initiative in doing the task and have poor time management. This allows for delays in the thesis process. This research is intended to obtain empirical data on the relationship between Self Efficacy and Academic Procrastination. The research design used was quantitative research, with participants of 51 respondents. The Measuring Instrument used by Procrastination Academic from McCloskey. Sampling techniques use convenience sampling. The data analysis technique used is the spearman rank correlation. The results of this study show that the significance value of the correlation coefficient between Self Efficacy and Academic Procrastination is p = 0.003 (p>0.05), the correlation coefficient value (r) is -0.405. This shows that Self Efficacy has a weak relationship with Academic Procrastination in students who are working on thesis.

Abstrak. Salah satu tuntutan yang diberikan pada mahasiswa dalam menyelesaikan studi diperguruan tinggi adalah tugas akhir (skripsi). Mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi tidak akan luput dari revisi atau perbaikan sebuah skripsi. Menjadikan mahasiswa kehilangan kepercayaan dirinya dalam mengerjakan tugas, malas, perhatian yang mudah terganggu saat mengerjakan tugas, kurangnya inisiatif dalam mengerjakan tugas dan memiliki manajemen waktu yang buruk. Hal ini memungkinkan terjadinya penundaan proses pengerjaan skripsi. Penelitian ini dimaksudkan untuk mendapatkan data empiris tentang keeratan hubungan antara Self Efficacy dan Prokrastinasi Akademik. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, dengan partisipan sejumlah 51 responden. Alat Ukur yang digunakan Procrastination Academic dari McCloskey. Teknik sampling menggunakan convenience sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi rank spearman. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa nilai signifikansi koefisien korelasi antara Self Efficacy dan Prokrastinasi Akademik adalah p = 0.003 (p>0.05), Nilai koefisien korelasi (r) adalah -0,405. Hal tersebut menunjukan Self Efficacy memiliki hubungan yang cukup dengan Prokrastinasi Akademik pada mahasiwa yang sedang mengerjakan skripsi.

Published
2022-01-27