Pengaruh Dukungan Sosial terhadap Kematangan Karir Siswa SMKN Kelas XII di Kota Bandung

  • Winda Yusri Hanifah Psikologi, Fakultas Psikologi
  • Temi Damayanti Djamhoer Psikologi, Fakultas Psikologi
Keywords: Dukungan Sosial, Kematangan Karir, Siswa SMKN

Abstract

Abstract. One of the institutions designed to prepare students for their careers is a vocational school. Vocational school students should be able to qualify for employment, but so far the unemployment rate for vocational school graduates is still the highest. Students in SMKN grade 12th are considered young people who are required to be able to determine their own professional future. Teens can be unrealistic when making career decisions because they do not know much about what it takes to build the career they expect, but teens do their careers. There is nothing to help you decide. Therefore, social support is needed to help students reach professional maturity. This study aims to test the impact of social support on the career maturity of SMKN students in Bandung. The study method used in this study is a non-experimental causal relationship with a quantitative approach, and the subject of this study is SMKN students with up to 364 respondents of grade 12th. The research scale uses the social support scale related to home theory and the Dewi Sartika's career maturity scale related to super theory. Data analysis uses several regressions. The results of the data analysis showed it for a sig value of 0.000 & lt ;. With an R-squared value of 0.05, and therefore 0.277, we can conclude the impact of social support on professional maturity. This means that 27.7% of social support will affect the professional maturity of SMKN students in Bandung.

Abstrak. Salah satu lembaga yang dirancang untuk mempersiapkan siswanya untuk siap memasuki dunia kerja ialah SMK. Siswa SMK diarahkan agar mampu memiliki kesiapan untuk memasuki dunia kerja, namun sampai saat ini pengangguran dari lulusan SMK masih tertinggi. Siswa SMK Kelas XII digolongkan remaja yang dimana remaja dituntut untuk dapat menentukan karirnya di masa depan. Remaja dalam menentukan keputusan karirnya kadang tidak realistis, karena mereka kurang mengetahui tentang hal apa saja yang dibutuhkan untuk mendapatkan karir sesuai yang diharapkannya tetapi tidak ada yang membantu remaja tersebut untuk menentukan karirnya. Oleh karenanya dibutuhkan dukungan sosial yang membantu siswa untuk mencapai kematangan karirnya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Dukungan Sosial terhadap Kematangan Karir siswa SMKN di Kota Bandung. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kausalitas non eksperimental denagn pendekatan kuantitatif dan subjek pada penelitian ini adalah siswa SMKN di Kota Bandung sebanyak 364 siswa kelas XII. Alat ukur penelitian menggunakan skala dukungan sosial yang mengacu pada teori House dan skala kematangan karir Dewi Sartika yang mengacu pada teori Super. Analisis data menggunakan regresi berganda. Hasil analisis data menunjukkan H0 ditolak karena nilai sig 0,000 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dukungan sosial terhadap kematangan karir dengan nilai R square sebesar 0.277 yang artinya dukungan sosial berpengaruh 27,7% terhadap kematangan karir siswa SMKN kelas XII di Kota Bandung.

Published
2022-01-21