Pengaruh Kecerdasan Emosi terhadap Adiksi Game Online Remaja Akhir

  • Naufal Ikram Arrajab Psikologi, Fakultas Psikologi
  • Lilim Halimah Psikologi, Fakultas Psikologi
Keywords: Kecerdasan Emosi, Adiksi Game online, Remaja Akhir

Abstract

Abstract.  Online games are very popular nowadays. Online games provide psychological satisfaction for players such as being free from social pressure, anxiety, frustration, feeling comfortable, peaceful, and happy. However, uncontrolled play can have a negative impact. Players find it difficult to try to stop the game and cause various problems, both psychological and social problems, this can be categorized as online game addiction. Emotional intelligence has a role in everyone to overcome social and emotional problems in themselves. Emotional problems and self-control are part of emotional intelligence. This study aims to examine the effect of emotional intelligence on online game addiction in late teens. The method used in the study of causality. Game Addiction Scale (GAS) was used to measure the level of online game addiction and Emotional Intelligence Inventory (EII) was used to measure emotional intelligence. The sample of this research is late adolescents who live in the city of Bandung totaling 105 people who were selected randomly using consecutive sampling technique. The data analysis technique used regression analysis. The results showed that emotional intelligence had an effect of 12.3% on online game addiction in late adolescents in the city of Bandung.

Abstrak. Games online sudah sangat memasyarakat saat ini. Permainan game online memberikan kepuasan psikologis bagi pemainnya seperti terbebas dari tekanan sosial, kecemasan, frustasi, merasa nyaman, damai, dan bahagia. Akan tetapi, permainan yang tidak terkontrol dapat memberikan dampak negatif. Pemain kesulitan untuk mencoba menghentikan permainannya dan menimbulkan berbagai masalah baik psikologis maupun masalah sosial, hal ini dapat dikategorikan Adiksi Game online. kecerdasan emosi memiliki peran dalam diri setiap orang untuk mengatasi masalah sosial dan emosi pada diri sendiri. Masalah emosi dan kontrol diri merupakan bagian dari kecerdasan emosi. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh kecerdasan emosi terhadap adiksi game online pada remaja akhir. Metode yang digunakan dalam penelitian hubungan kausalitas. Game Addiction Scale (GAS) digunakan untuk mengukur tingkat adiksi game online dan Emotional Intelligence Inventory (EII) digunakan untuk mengukur kecerdasan emosi. Sampel penelitian ini remaja akhir yang tinggal di Kota Bandung berjumlah 105 orang yang dipilih secara acak dengan menggunakan teknik consecutive sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan kecerdasan emosi memberikan pengaruh sebesar 12.3 % terhadap adiksi game online pada remaja di kota Bandung.

Published
2022-01-21