Pengaruh Self-Control terhadap Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Universitas Islam Bandung dalam Menyelesaikan Skripsi

  • Muhammad Ilham Cholid Psikologi
  • Siti Qodariah Fakultas Psikologi, Universitas Islam Bandung
Keywords: Self Control, Prokrastinasi Akademik, Mahasiswa Menyelesaikan Skripsi

Abstract

Abstract. One phenomenon that occurs quite often among students is not graduating on time, one of the factors is procrastination. Procrastination is defined as the activity of delaying or avoiding working on a thesis. One of the factors causing procrastination is low self-control. This research aims to see how much influence self-control has on academic procrastination in Bandung Islamic University students in completing their thesis. The total sample for this research was 93 students at Bandung Islamic University. This research design uses non-experimental causality with a quantitative approach, the analysis in this research uses simple linear regression. The measuring tool used is Averil's self-control scale (1973) which was adapted by Ester Emelia (2023), while procrastination uses Ferrari's (1995) PAS-S (Procrastination Assessment Scale for Students) which was adapted by Vania Maovangi (2023). The results showed that 91.4% of students had high self-control and 33.3% of students had high procrastination. The research results show that the R Square is 0.553 with a sig value. 0.00 < 0.05, which means self-control influences procrastination and contributes 55.3%.

Abstrak. Salah satu fenomena yang cukup umum dikalangan mahasiswa adalah lulus tidak tepat waktu, salah satu faktor tersebut merupakan prokrastinasi. Prokrastinasi didefinisikan sebagai kegiatan menunda atau menghindari mengerjakan skripsi. Salah satu faktor penyebab prokrastinasi yaitu terdapat self-control yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat seberapa besar pengaruh self-control terhadap prokrastinasi akademik pada mahasiswa Universitas Islam Bandung dalam menyelesaikan skripsi. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 93 mahasiswa Universitas Islam Bandung. Desain penelitian ini menggunakan kausalitas non-eksperimen dengan pendekatan kuantitatif, analilis pada penelitian ini menggunakan regresi linier sederhana. Alat Ukur yang digunakan adalah self-control scale milik Averil (1973) yang telah diadaptasi oleh Ester Emelia (2023), sedangkan prokrastinasi menggunakan PAS-S (Procrastination Assesment Scale for Student) milik Ferrari (1995) yang telah diadaptasi oleh Vania Maovangi (2023). Hasil penelitian menunjukan bahwa 91,4% mahasiswa memiliki self-control tinggi dan 33,3% mahasiswa memiliki prokrastinasi tinggi. Hasil penelitian menunjukan bahwa perolehan R Square 0.553 dengan nilai sig. 0.00 < 0.05 yang artinya self-control berpengaruh terhadap prokrastinasi, dan berkontribusi sebesar 55,3%.

References

Widarto, (2017). Faktor Penghambat Studi Mahasiswa Yang Tidak Lulus Tepat Waktu Di Jurusan Pendidikan Teknik Mesin FT UNY. Jurnal Dinamika vokasional Teknik Mesin.

Tuckman, B. W. (1991), The development and concurrent validity of the Procrastination Scale. Educational and Psychological Measurement, 51, 1991, 473-480.

Ferrari JR, Johnson JL, McCown WG (1995) Procrastination and task avoidance: Theory, research, and treatment. Springer Science & Business Media.

Lelstari, V. P., & Delwi, D. K. (2018). Hulbulngan Elfikasi Diri dan Kontrol Diri delngan Prokrastinasi Skripsi pada Mahasiswa Fakulltas Ilmul Pelndidikan. Julrnal Pelnellitian Psikologi.

Novelra, D. A. and Thomas, P. (2018) ‘Pelran Kontrol Diri dalam Melmeldiasi Pelngarulh Motivasi Belrprelstasi, Pelrfelksionismel dan Kelsullitan Elkonomi Telrhadap Prokrastinasi Akadelmik (Stuldi Kasuls pada Mahasiswa yang Seldang melngelrjakan Skripsi FEl UlNNElS)’, Elconomic Eldulcation Analysis Joulrnal, 7(1), pp. 45–58.

Anwar, F & Damri, Engkizar. (2017). Hubungan self-efficacy dan prokrastinasi akademik mahasiswa dalam menyelesaikan tugas perkuliahan. Jurnal Bimbingan Konseling, 3(1), 74–95

Sullistyani, T., & Wibowo, D. H. (2022). Hulbulngan antara kontrol diri dan prokrastinasi akadelmik pada siswa Selkolah Melnelngah Keljulrulan (SMK). Julrnal Riselt Psikologi, 5(3), 67–76.

Khaerunisah. (2022). Hubungan Kontrol Diri Dengan. Prokrastinasi Akademik Dalam Menyelesaikan Skripsi Pada Mahasiswa PAI.

Rianti, D. F., & Rahardjo, P. (2014). Kontrol Diri Pada Peserta Didik di SMP Negeri 2 Kutasari, Purbalingga. Psycho Idea, 12(1), 19–24.

Rahayu, D., Nurfarhanah, Rezki, H., Megaiswari, B. H., & Azmi, A. K. (2023). Pengaruh Self Control terhadap Prokrastinasi Akademik Siswa. Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Padang, Indonesia.

Widyastari, D., Atrizka, D., Ramadhani, B., & Damanik, D. S. (2020). Prokrastinasi Akademik Ditinjau Dari Kontrol Diri Pada Siswa-Siswi SMA Swasta Ar-Rahman Medan. Jurnal Penelitian Pendidikan, Psikologi Dan Kesehatan (J-P3K), 1(2), 82–91.

Ghulfron, M. N., & Risnawita, R. (2016). Telori-Telori Psikologi. Yogyakarta: Ar- Rulzz Meldia.

Muldalifah, K., & Madhulri, N. I. (2019). Pelngarulh Kontrol Diri dan Elfikasi Diri telrhadap Prokrastinasi Akadelmik dalam Melnyellelsaikan Skripsi Mahasiswa Program Stuldi Pelndidikan Elkonomi STKIP PGRI Tullulngagulng. Julrnal Inovasi Pelndidikan Elkonomi.

Santrock, J. W. (2003). Adolescence: Perkembangan Remaja. Jakarta: Erlangga

Published
2024-02-01