Pengaruh Fear of Failure terhadap Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Skripsi di Kota Bandung
Abstract
Abstract. This research aims to identify the effect of fear of failure towards academic procrastination of final-year university students in Bandung city. It utilizes the fear of failure theory by Conroy and academic procrastination by Solomon and Rothblum. It employs a non-experimental quantitative approach using the causality study design to describe the scale of impact of the fear of failure variable towards academic procrastination. The total participants of this study are 334 final-year university students in Bandung. The study uses the Performance Failure Appraisal Inventory (PFAI) arranged and developed by Conroy and adapted by Bauzir for the measurement tool. It also uses the Thesis Writing Procrastination Scale (TW-PS) developed by Diniy Hidayatur Rahman. The result indicates the presence of the effect of fear of failure towards academic procrastination of final year university students in Bandung. The scale of this fear of failure effect towards academic procrastination is low for 18,2%.
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh fear of failure terhadap prokrastinasi akademik pada mahasiswa akhir di Kota Bandung. Peneliti menggunakan konsep teori dari Conroy untuk menjelaskan konsep fear of failure dan teori dari Solomon dan Rothblum untuk menjelaskan konsep prokrastinasi akademik. Penelitian ini menggunakan desain studi kausalitas untuk menjelaskan besar pengaruh variabel fear of failure terhadap variabel prokrastinasi akademik. Partisipan dalam penelitian ini berjumlah 334 mahasiswa skripsi di Kota Bandung. Alat ukur yang digunakan pada penelitian ini adalah Performance Failure Appraisal Inventory (PFAI) alat ukur yang disusun dan dikembangkan oleh Conroy dan diadaptasi oleh Bauzir, serta Thesis Writing Procrastination Scale (TW-PS) yang dikembangkan oleh Diniy Hidayatur Rahman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh fear of failure terhadap prokrastinasi akademik pada mahasiswa skripsi di Kota Bandung. Pengaruh fear of failure terhadap prokrastinasi akademik rendah hanya 18,2%.
References
Aziz, A., & Raharjo, P. (2013). Faktor-Faktor Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Yang Menyusun Skripsi Di Universitas Muhammadiyah Purwokerto Tahun Akademik 2011/2012. Psycho Idea, 11(1), 61–68. Http://www.Jurnalnasional.Ump.Ac.Id/Index.Php/PSYCHOIDEA/Article/View/257
Liling, E. R., Nurcahyo, F. A., & Tanojo, K. L. (2013). Hubungan Antara Kecerdasan Spiritual Dengan Prokrastinasi Pada Mahasiswa Tingkat Akhir. HUMANITAS: Indonesian Psychological Journal, 10(2), 59. Https://Doi.Org/10.26555/Humanitas.V10i2.336
Pddikti. (2022). Statistik Pendidikan Tinggi 2021. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.
Fauziah, H. H. (2016). Fakor-Faktor Yang Mempengaruhi Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 2(2), 123–132. Https://Doi.Org/10.15575/Psy.V2i2.453
Basaria, D., & Aryani, X. (2021). Peran Perfeksionisme Terhadap Prokrastinasi Akademik Pada Remaja Di DKI Jakarta The Role Of Perfectionism On Academic Procrastination In Adolescents In DKI Jakarta. Jurnal Psibernetika, 14(1), 32–39. Https://Doi.Org/10.30813/Psibernetika.V.
Setyaningrum, D. T., & Sigarlaki, M. A. (2013). Identifikasi Area Prokrastinasi Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Unjani Yang Mengontrak Skripsi Lebih Dari Satu Semester. Prosiding SNIJA 2015. Diakses Dari: Http://Repository.Unjani.Ac.Id/Repository/72adc67fd21ce15307cadf8c544f9c5b.Pdf
Mujahidah, A., & Mudjiran. (2019). Hubungan Antara Ketakutan Akan Kegagaran Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Tingkat Akhir. Jurnal Riset Psikologi, 1-12.
Solomon, L. J., & Rothblum, E. D. (1984). Academic procrastination: Frequency and cognitive-behavioral correlates. Journal of Counseling Psychology. 31(4), 503–509. https://doi.org/10.1037/0022-0167.31.4.503
Steel, P., & Klingsieck, K. B. (2015). Procrastination. International Encyclopedia Of The Social & Behavioral Sciences: Second Edition. (Vol . 19, Pp. 73–78). Diakses Dari: Https://Doi.Org/10.1016/B978-0-08-097086-8.25087-3
Musslifah, A. R. (2018). Penurunan Prokrastinasi Akademik Melalui Pelatihan Keterampilan Regulasi Emosi. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(1), 95–106. Https://Doi.Org/10.15575/Psy.V5i1.2321
Conroy, D. E. (2001). Progress In The Development Of A Multidimensional Measure Of Fear Of Failure: The Performance Failure Appraisal Inventory (PFAI). Anxiety, Stress And Coping, 14(4), 431–452. Https://Doi.Org/10.1080/10615800108248365
Bauzir, N H., Zulfiana U. 2021. Fear Of Failure Dengan Ketidakjujuranakademik Pada Siswa SMA Yangmenjalankan Sistem Kredit Semester.Cognicia.
Rahman, D. H. (2019). The Development And Validation Of The Thesis-Writing Procrastination Scale. International Conference On Education, Social Sciences And Humanities.
Iswara, I S., Baihaqi M I F., & Ihsan H. 2021. Takut Akan Kegagalan Sebagai Prediktor Prokrastinasi Akademik Dimoderasi Status Identitas Vokasional Mahasiswa Bidikmisi UPI. Jurnal Psikologi Sains Dan Profesi.
Deneault, A. A., Gareau, A., Bureau, J. F., Gaudreau, P., & Lafontaine, M. F. (2020). Fear Of Failure Mediates The Relation Between Parental Psychological Control And Academic Outcomes: A Latent Mediated-Moderation Model Of Parents’ And Children’s Genders. Journal Of Youth And Adolescence, 49(8), 1567–1582. Https://Doi.Org/10.1007/S10964-020-01209-X
Danistya, F. (2012). Persepsi Mahasiswa Tentang Harapan Orang Tua Terhadap Rasa Takut Akan Kegagalan. Educational Psychology Journal, 62-67.
Setyadi, P & Mastuti, E. (2014).Pengaruh Fear Of Failure Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Yang Berasal Dari Program Akselerasi. Jurnal Psikologi Fakultas Psikologi. Universitas Airlangga Surabaya. Surabaya. Vol. 3 No. 01, April 2014.