Strategi Humas Jatiwangi Art Factory dalam Branding Produk Genteng Jatiwangi

  • Azmul Fiqri Unisba
  • Mochammad Rochim S.Sos., M.Si
Keywords: Strategi, Branding, Jatiwangi Art Factory

Abstract

Abstract. The Jatiwangi community is facing challenges due to the presence of industrial factories in Majalengka. Additionally, the establishment of the West Java International Airport (BIJB) in Kertajati also brings the impact of foreign cultural influences slowly entering the area. This has become one of the factors leading to the gradual decline of the roof tile factories (Jebor). Nevertheless, roof tiles remain a symbol of the local culture of the Jatiwangi community that should be preserved and developed. The purpose of this research is to understand the management carried out by the Jatiwangi Art Factory's public relations (PR) in branding their roof tile products. This research adopts the strategic planning theory in public relations by Scott M. Cutlip and Allen Center, which involves four stages: fact-finding or research, planning, communication, and evaluation. It utilizes a qualitative approach and a case study method. The results of the study reveal that the public relations strategy applied by the Jatiwangi Art Factory involves analyzing the issues or concerns in the community by organizing a forum that involves all elements of society. The follow-up to these issues involves the creation of a work program or activities. The subsequent planning process includes communicating the work program or activities to the community, particularly through social media platforms such as Instagram, utilizing activity posters, photos, and documentary videos. Lastly, an evaluation is conducted to establish a positive image and gain the trust of the community in Jatiwangi Art Factory's branding of Jatiwangi roof tile products.

Abstrak. Masyarakat Jatiwangi dihadapkan pada tantangan akibat keberadaan pabrik industri di Majalengka. Selain itu, hadirnya Bandara Internsional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati juga membawa dampak aksses keluar masuknya budaya asing yang perlahan masuk ke daerah tersebut. Hal ini menjadi salah satu faktor yang menyebabkan banyakanya pabrik genteng (Jebor) yang secara bertahap mengalami kemunduran. Meskipun demikian, genteng tetap menjadi salah satu simbol dari kebudayaan lokal masyarakat Jatiwangi yang patut dilestarikan dan dikembangkan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengelolaan yang dilakukan humas Jatiwangi Art Factory dalam branding produk genteng. Penelitian ini menggunakan teori perecanan strategis dalam public relations oleh Scott M. Cutlip dan Allen Center. Dimana strategi ini merupakan salah satu strategi public relations yang memiliki 4 tahapan diantaranya fact finding atau research, planning, communication, dan evaluation. dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus. Hasil dari penelitian bahwa strategi public relations yang diterapkan Jatiwangi Art Factory adalah menganalisis terlebih dahulu permasalahan atau keresahan yang terjadi di masyarakat dengan mengadakan sebuah forum yang melibatkan seluruh elemen masyarakat, kemudian tindak lanjut dari permasalahan tersebut adalah dibuatnya sebuah program kerja atau kegiatan. Proses perencanaan selanjutnya yaitu mengkomunikasikan program kerja atau kegiatan kepada masyarakat dengan menggunakan media sosial khususnya instagram berupa poster kegiatan serta foto dan video dokumentasi, yang terakhir ialah melakukan evaluasi agar dapat terciptanya citra positif dan kepercayaan masyarakat terhadap Jatiwangi Art Factory dalam mem-branding produk Genteng Jatiwangi.

References

Mulyana, Deddy. 2003. Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya. Bandung.

Amadea IP, Hernawati R. Hubungan Marketing Public Relations dengan Brand Awareness. J Ris Public Relations [Internet]. 2023 Jul 18;69–76. Available from: https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRPR/article/view/2049

Ardhoyo, T. E. (2013). Peran dan strategi humas (public relations) dalam mempromosikan produk perusahaan. Jurnal Ilmiah WIDYA, 1(1), 15-21.

Dumitriu, R. (2012). The role of branding in marketing strategy. Management & Marketing-Craiova, (1), 125-132.

Hidayat, Dedy N. 2003. Paradigma dan Metodologi Penelitian Sosial Empirik Klasik. Departemen Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Indonesia. Jakarta.

Ilham Akbar Zam Zamy, Dadi Ahmadi. Strategi Creative Branding Hijack Sandals untuk Meningkatkan Brand Image. J Ris Public Relations [Internet]. 2023 Jul 21;47–54. Available from: https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRPR/article/view/1995

Jannah, S. R., Muhibah, S., & Khairunnas, K. (2018). Manajemen Hubungan Masyarakat: Strategi Mempertahankan Citra Positif Sekolah. JMiE (Journal of Management in Education), 3(1), 20-29.

Karsono, K., Purwanto, P., & Salman, A. M. B. (2021). Strategi Branding Dalam Meningkatkan Kepercayaan Masyarakat Terhadap Madrasah Tsanawiyah Negeri. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(2), 869-880.

Lubis, E. E. (2012). Peran humas dalam membentuk citra pemerintah. Jiana (Jurnal Ilmu Administrasi Negara), 12(1).

Oedi, R. F., Erawan, E., & Dwivayani, K. D. STRATEGI HUMAS POLISI RESORT KOTA SAMARINDA DALAM MENANGANI BERITA HOAX YANG BEREDAR DI SAMARINDA.

Prasetyo, B. D., & Febriani, N. S. (2020). Strategi Branding: Teori dan Perspektif Komunikasi dalam Bisnis. Universitas Brawijaya Press.

Ruliana, P., & Dwiantari, R. (2015). Strategi Public Relations Hotel dalam Membentuk Citra Objek Wisata. Jurnal Aspikom, 2(4), 255-271.

Ruliana, Poppy. (2014). Komunikasi Organisasi, Teori dan Studi Kasus. Jakarta: Raja Grafindo.

Saadati, B. A., & Sadli, M. (2019). Analisis pengembangan budaya literasi dalam meningkatkan minat membaca siswa di sekolah dasar. Terampil: Jurnal pendidikan dan pembelajaran Dasar, 6(2), 151-164.

Tjiptono, F. (2005). Brand Management & Strategy. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Undang-Undang Merek Tahun 2001 (situs Direktorat HAKI/ www.dgip.go.id)

Arizka, G. N. (2017). STRATEGI KOMUNIKASI PT. DIRGANTARA INDONESIA (PERSERO) DALAM MENINGKATKAN BRAND AWARENESS PRODUK: Studi Kasus Pada Pengembangan Produk Pesawat N219 (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Falah, A. W. N. (2021). Kontruksi Makna Tanah Bagi Komunitas Jatiwangi Art Factory (Doctoral dissertation, Universitas Komputer Indonesia).

Ramadhan MA, Chatamallah M. Strategi Komunikasi Pemasaran X. J Ris Public Relations [Internet]. 2022 Jul 5;19–22. Available from: https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRPR/article/view/641

Musyarrofah, U. Strategi Public Relations Travel Umrah dan Wisata Islam Royal Indonesia Dalam Meningkatkan Pelayanan Jamaah (Bachelor's thesis, Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta).

Putri, D. M. J. D. (2021). PERAN KOMUNITAS JATIWANGI ART FACTORY DALAM PELESTARIAN KEBUDAYAAN LOKAL DI DESA JATISURA KECAMATAN JATIWANGI KABUPATEN MAJALENGKA (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Maulida, M. R., & Wiwitan, T. (2020). Aktivitas Media Monitoring Biro Humas Kementerian Perdagangan Republik Indonesia. Prosiding Hubungan Masyarakat, 6(2), 164-169.

Published
2023-08-14