Pengaruh Pemberitaan Negatif terhadap Citra Lembaga Kepolisian
Abstract
Abstract. Reporting in a media has great power in influencing the image in the audience. Reporting is often a bridge to fulfill public curiosity. The amount of attention that the public pays to a report can make the media continuously report news, especially negative news. If the negative news that is reported concerns important state institutions, there is an institution's image that is at stake. Seeing these conditions, this research focuses on the effect of negative news on the image of state institutions, in this case the police institution. The theory used in this paper is applied media theory which is measured in three variables, namely frequency, duration, and attention. The result of this research is that if an audience sees a news item even for quite a long time then and keeps abreast of news developments so that the audience will experience a news exposure that gives rise to an image formation.
Abstrak. Pemberitaan dalam sebuah media memiliki kekuatan yang besar dalam mempengaruhi citra di khalayak. Pemberitaan seingkali menjadi jembatan untuk memenuhi keingintahuan publik. Besarnya atensi yang diberikan masyarakat terhadap suatu pemberitaan, dapat membuat media tanpa henti memberitakan sebuah pemberitaan, utamanya pemberitaan negatif. Apabila pemberitaan negatif yang diberitakan menyangkut lembaga penting negara, ada citra lembaga yang dipertaruhkan. Melihat kondisi tersebut, penelitian ini memfokuskan mengenai pengaruh sebuah pemberitaan negatif terhdap citra lembaga negara, dalam hal ini lembaga kepolisian. Adapun teori yang digunakan dalam penulisan ini adalah teori terapan media yang diukur dalam tiga variabel yaitu Frekuensi, Durasi, dan Atensi. Hasil dari penelitian ini adalah jika seorang khalayak melihat suatu berita bahkan dalam waktu yang cukup lama dan mengikuti terus perkembangan berita maka khalayak tersebut akan mengalami suatu terpaan berita yang menimbulkan suatu pembentukan citra.
References
Ardianto, Elvinaro dan Lukiati Komala Erdinaya, 2007. Komunikasi Massa Suatu.Pengantar. (Bandung: Simbiosa Rekatama Media)
Corrylia Almira Rahma Raissa, Ahmadi D. Kegiatan Media Relations Dalam Mempertahankan Citra Positif. J Ris Public Relations [Internet]. 2022 Dec 20;59–66. Available from: https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRPR/article/view/1087
Effendy, Onong Uchjana, 2003. Televisi Saran Teori dan Praktek, Bandung : PT. Citra Aditya Bakti.
Effendy, Onong Uchjana, 2003. Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi, Jakarta: Mandar Maju
Jefkins, Frank 2003. Public Relations, Jakarta: PT Erlangga
Galuh Lukitasari. 2014. Pengaruh Pemberitaan Di Televisi Terhadap Citra Partai Politik Di Kalangan Mahasiswa FKI UMS. Naskah Publikasi
http://eprints.undip.ac.id/W Prasasti. Diakses pada 25 Maret 2022
https://kbbi.web.id/pemberitaan. Diakses pada 16 Oktober 2022
Kriyantono, Rachmat. 2009. Teknis Praktis Riset Komunikasi, Jakarta: Kencana
Maulana IA, Nurrahmawati. Grooming Front Officer dan Kepuasan Konsumen. J Ris Public Relations [Internet]. 2022 Jul 7;53–8. Available from: https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRPR/article/view/887
Mustika, & Anggraeni R. 2019. Pengaruh Terpaan Media Terhadap Reputasi Lembaga Pemerintah.Journal of Creative Communication. Vol 1(1).
Nasution MAR, Hendrasmo. Identifikasi Permasalahan Komunikasi Publik Masyarakat Indonesia pada Masa Pandemi Covid 19. J Ris Public Relations [Internet]. 2022 Dec 20;85–92. Available from: https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRPR/article/view/1353
Rakhmat, Jalaluddin 2012. Psikologi Komunikasi,.Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Soemirat, Soleh dan Elvinaro Ardianto , 2012. Dasar-Dasar Public Relation, Bandung : PT Remaja Rosdakarya,
Sumadiria, Haris 2011. Jurnalistik Indonesia: Menulis Berita dan Feature, Panduan Praktis Jurnalis Professional, Bandung: Simbiosa Rekatama media