Pengaruh Penggunaan Media Sosial Instagram terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Vaksin Masyarakat Kota Bandung
Abstract
Abstract. Currently Instagram is one of the most popular social media. There are many benefits provided by the community, apart from information, Instagram can also be a means of entertainment for the community. At this time, social media, especially Instagram, is not only used by government individuals, they are now using Instagram social media. Public Relations Bandung also apply this. Bandung Public Relations uses this to provide information to the people of Bandung City. Through the Instagram social media account @humas_bandung, residents or media users can easily find information about the city of Bandung. Knowing the influence between Context, Communication, Collaboration, Connection using social media Instagram Public Relations of Bandung with fulfilling the vaccine information needs of the people of Bandung City. Here the researcher uses the quantitative research method of regression studies. The influence of the x or independent variable on the use of social media, Instagram public relations in the City of Bandung on the variable y or dependent on fulfilling the vaccine information needs of the Bandung City community is 64.8%.
Abstrak. Saat ini Instagram menjadi salah satu media sosial yang sangat popular. Banyak manfaat yang diberikan oleh masyarakat, selain informasi Instagram juga dapat menjadi sarana hiburan bagi masyarakat. Pada saat ini media sosial khususnya Instagram tidak hanya digunakan oleh kalangan individu pemerintahan pun kini memakai media sosial Instagram. Humas Bandung pun mengaplikasikan hal ini. Humas Bandung menggunakan hal tersebut untuk memberikan informasi kepada masyarakat Kota Bandung. Lewat akun media sosial Instagram @humas_bandung, warga ataupun pengguna media bisa dengan mudah mencari informasi seputar Kota Bandung. Mengetahui pengaruh antara Context, Communication, Collaboration, Connection penggunaan media sosial Instagram Humas Bandung dengan pemenuhan kebutuhan informasi vaksin masyarakat Kota Bandung. Disini peneliti menggunakan metode penelitian Kuantitatif studi regresi. Pengaruh variabel x atau independent penggunaan media sosial Instagram humas Kota Bandung terhadap variabel y atau dependent pemenuhan kebutuhan informasi vaksin masyarakat Kota Bandung adalah sebesar 64,8%.
References
Arifah A, Yulianita N. Hubungan antara Tayangan Presiden di vaksin dengan Minat Vaksin Masyarakat. J Ris Public Relations [Internet]. 2022 Feb 7;1(2):136–41. Available from: https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRPR/article/view/498
Binjai, B. K. (2021). Pentingnya Vaksin di Masa Pandemi Covid-19. http://bappeda.binjaikota.go.id/archives/667
Fardiah, D., Rinawati, R., Darmawan, F., Abdul, R., & Lucky, K. (2020). Media Literacy for Dissemination Anticipated Fake News on Social Media. Mediator: Jurnal Komunikasi, 13(2), 278–289. https://doi.org/10.29313/mediator.v13i2.6624
Hakim, R. (2017). Metode Penelitian Tentang Variabel-Variabel Independen. Journal of Economic Sciences, 72–92.
Hapsari, L. A., Mernisa, M., Oktamarsetyani, W., & Yustiana, I. A. (2016). Prinsip Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Biologi yang Menggunakan Paradigma Positivistik Kuantitatif. 16725251031.
Helen, H., & Rusdi, F. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Akun Instagram @Jktinfo Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Followers. Prologia, 2(2), 355. https://doi.org/10.24912/pr.v2i2.3712
Irfan Fauzi M, Yuliati N. Pemanfaatan Media Sosial Instagram sebagai Upaya Edukasi Pencegahan Penyebaran COVID-19. J Ris Public Relations [Internet]. 2022 Feb 7;1(2):148–55. Available from: https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRPR/article/view/500
Mufty Machmud A, Yuningsih A. Hubungan Kampanye Vaksinasi dengan Sikap Followers untuk Divaksin. J Ris Public Relations [Internet]. 2022 Feb 7;1(2):162–8. Available from: https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRPR/article/view/502