Pemanfaatan Instagram sebagai Proses Transformasi Identitas Diri
(Studi Fenomenologi Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Proses Transformasi Identitas Diri Influencer Salsabillapm)
Abstract
Abstract. Digital society such as influencers utilize Instagram social media for the process of self-identity transformation. An influencer is someone who has the power to influence the decisions of others because he has authority and knowledge in his field. An Instagram user who becomes an influencer, can develop his identity through uploading content according to his field. This study aims to describe how the use of Instagram social media as part of the process of transforming an influencer's identity. This research uses Impression Mannagement Theory, Symbolic Interaction Theory, and Alfred Schütz Phenomenological Theory. The paradigm used is the Interactionist Paradigm, using a qualitative approach, phenomenological research methods. The results of this study outline that for the process of transforming self-identity, individuals can express themselves by utilizing the power of Instagram social media.
Abstrak. Masyarakat digital seperti influencer memanfaatkan media sosial Instagram untuk proses transformasi identitas diri. Influencer adalah seseorang yang memiliki kekuatan untuk memengaruhi keputusan orang lain karena memiliki otoritas dan pengetahuan dalam bidangnya. Seorang pengguna Instagram yang menjadi influencer, dapat mengembangkan identitas dirinya melalui unggahan konten sesuai bidangnya. Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan bagaimana pemanfaatan media sosial Instagram sebagai bagian dari proses transformasi identitas diri seorang influencer. Penelitian ini menggunakan Teori Impression Mannagement, Teori Interaksi Simbolik, dan Teori Fenomenologi Alfred Schütz. Paradigma yang digunakan yaitu Paradigma Interaksionis, dengan menggunakan pendekatan kualitatif, metode penelitian fenomenologi. Hasil dari penelitian ini menguraikan bahwa untuk proses trasnformasi identitas diri, individu dapat mengekspresikan dirinya dengan memanfaatkan kekuatan media sosial Instagram.
References
Aditya Bakti. McQuail, Dennis. 2005. Teori Kommunikasi Massa: Suatu Pengantar. Jakarta: Erlangga.
Ahmadi, D. 2008. “Interaksi simbolik: Suatu pengantar,” dalam Mediator: Jurnal Komunikasi, Volume 9, Tahun 2008
Ariani, F., & Trigartanti, W. 2016. “Impression Management Seorang Selebgram sebagai Eksistensi Diri melalui Media Sosial Instagram,” dalam Prosiding Hubungan Masyarakat, Universitas Islam Bandung, Febuari 2016 (hlm. 353-358).
Brown Duncan & Hayes, Nick. 2008. Influencer Marketing, Who really influences your customers. UK: Elsevier Ltd.
Irwanto, L. R. H., Sitasi, C., & Irwanto, H. L. R. 2019. “Identitas Diri pada Media Sosial (Konstruksi Sosial dan Potensi Rumor Pengguna Instagram),” dalam Jurnal Komunikasi, Volume 10, Tahun 2019
Junaedi, N. L. 2021. “Mengupas Teori Johari Window Untuk Meningkatkan Kolaborasi,” https://www.ekrut.com/media/johari-window-adalah. Tanggal akses 11 Juli 2023, pk 13.00 WIB.
Karim IY, Yulianita N. Peran Instagram @greenarationid sebagai Media Kampanye Ramah Lingkungan. J Ris Public Relations [Internet]. 2021 Dec 23;1(2):120–9. Available from: https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRPR/article/view/418
Muzzetto, L. 2006. “Time and Meaning in Alfred Schütz. Time & Society,” dalam Sage Journals, Volume 15, Tahun 2006
Putri NR, Drajat MS. Kegiatan Marketing Public Relations PT. X Bandung pada Program “Komunitas Siap Gerak.” J Ris Public Relations [Internet]. 2022 Jul 5;23–30. Available from: https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRPR/article/view/753
Sari, A. C., Hartina, R., Awalia, R., Irianti, H., & Ainun, N. 2018. “Komunikasi dan media sosial, dalam Jurnal The Messenger, Volume 3, Tahun 2018
Sari, S. E., & Suherman, M. 2021. “Presentasi Diri Influencer di Instagram”, dalam Prosiding Hubungan Masyarakat, Universitas Islam Bandung, Bandung, Febuari 2021 (263-267).
Unde, A. A., & Azis, S. 2018. “Pengungkapan identitas diri melalui media sosial: Studi mengenai etnografi virtual melalui vlog,” dalam KAREBA: Jurnal Ilmu Komunikasi, Volume 7, Tahun 2018