Pengaruh Penggunaan Instagram Story terhadap Pemenuhan Konsep Diri Ideal
(Studi Korelasional tentang Penggunaan Instagram Story sebagai Media Pemenuhan Konsep Diri Ideal terhadap Mahasiswa di Kota Bandung)
Abstract
Abstract. Intrapersonal communication and interpersonal communication have a role to change and develop the individual self including his self-concept. According to Hurlock, there is an actual self-concept and an ideal self-concept in humans. From the existence of these two concepts in humans, its possible for a gap to arise due to discrepancy between ideal self and the actual self . The use of the Instagram story feature is thought to influence the fulfillment of one's ideal self. The method used in this research is quantitative with a correlational approach. The population in this study were students in the city of Bandung. Research data collection was carried out by distributing questionnaires. Determination of the sample of this study using random sampling and there is a total sample of 100 people measured using Limeshow. F test, t test and Pearson correlation test were performed. The results obtained show that the use of Instagram Stories significantly influences the fulfillment of the ideal self-concept of its users.
Abstrak. Komunikasi intrapersonal dan komunikasi interpersonal berperan dalam mengubah dan mengembangkan diri individu termasuk terhadap konsep dirinya. Menurut Hurlock terdapat konsep diri aktual dan konsep diri ideal dalam diri manusia. Dari adanya kedua konsep diri manusia memungkinkan timbulnya kesenjangan akibat ketidaksesuaian antara keduan. Penggunaan fitur Instagram story diduga dapat berpengaruh terhadap pemenuhan konsep diri ideal seseorang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa di Kota Bandung. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menyebarkan kuisioner. Penentuan sampel penelitian ini menggunakan random sampling serta terdapat jumlah sampel sebesar 100 orang diukur menggunakan Limeshow. Dilakukan uji F, uji t dan uji korelasi Pearson. Hasil yang didapat menunjukkan bahwa penggunaan Instagram Story secara signifikan berpengaruh terhadap pemenuhan konsep diri ideal penggunanya.
References
Aferty, Three Diana, Neni Yulianita. 2021. Konsep Diri Melalui Komunikasi Intrapersonal Memandang Hiperealitas dalam Model Produk Pakaian. Prosiding Hubungan Masyarakat, 7(2), 562-569. SPeSIA
Alwisol. 2022. Psikologi Kepribadian. Malang : UMM Press
Cangara, Hafied. 2007. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grapindo Persada
Frank, J., D. 1935. Some Psychological Determinants of the Level of Aspiration, The American Journal of Psychology. Vol. 47, No. 2 (Apr., 1935), 285-293. University of Illinois Press.
Hanani, Silfia. (2017). Komunikasi Antarpribadi: Teori & Praktik. Yogyakarta: Ar-ruzz Media
Hurlock. B. 2005 Psikologi Perkembangan Anak Jilid 2. Jakarta: Erlangga.
Insani, Cerysa Nur, Dadang Rahmat Hidayat, dan Ipit Zulfan. 2019. Pemanfaatan Insta Story Dalam Aktivitas Jurnalistik Oleh Majalah Gadis . Kajian Jurnalisme, 3(1), 39-55.
Irfan Fauzi M, Yuliati N. Pemanfaatan Media Sosial Instagram sebagai Upaya Edukasi Pencegahan Penyebaran COVID-19. J Ris Public Relations [Internet]. 2022 Feb 7;1(2):148–55. Available from: https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRPR/article/view/500
Irwanto, dan Laurensia Retno Hariatiningsih. 2019. Aktivitas Santap dan Minum Generasi Z pada Media Sosial Instagram. MediaTor, 12(2), 141-154
Lemeshow, Stanley Klar, Janelle, Lwanga, Stephen K, Pramono, Dibyo Hosmer, David W. (1997) Besar Sampel dalam Penelitian Kesehatan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Mulyana, Deddy. 2004. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya.
Nurudin, 2015. Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: Rajawali Pers.
Prihatiningsih, Witanti. 2017. Motif Penggunaan Media Sosial Instagram Di Kalangan Remaja. Jurnal Communication, 8(1), 51-65.
Ramadhan BR, Gartanti WT. Strategi Komunikasi Pemasaran Bengkel Kulit Melalui Instagram. J Ris Public Relations [Internet]. 2022 Jul 6;47–52. Available from: https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRPR/article/view/886
Sam, M.S. 2013. “Level of Aspiration Theory“. In PsychologyDictionary.org https://psychologydictionary.org/level-of-aspiration-theory/
Sikumbang, Ahmad Tamrin. 2014. Komunikasi Bermedia. Jurnal Iqra’,8(1),63-67.
Sobur, Alex, Ferry Darmawan, Ratri Rizki Kusumalestari, Endri Listiani, Dadi Ahmadi, Muhammad Ali Albana. 2018. The Meaning of K-Pop and Self-Concept Transformation of K-Pop Fans in Bandung. Jurnal Sosial dan Pembangunan. Mimbar. 34(2), 414-422.
Susana, T. 2007. Konsep Diri Positif, menentukan prestasi anak. Yogyakarta: Kanisius
Utami, Langgeng Tri. 2018. Motif, Pola Penggunaan, dan Kepuasan Mengakses Fitur Instagram Stories.
Willis, S. 2011. Konseling individual, teori dan praktek. Bandung: Alfab.