Website sebagai Media Informasi Publik

  • Yosa Ratih Wulan Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Bandung
  • Riza Hernawati
Keywords: Media Baru, Website, Informasi Publik

Abstract

Abstract. Technological developments make it easy to communicate through digital communication. This digital communication process is supported by the presence of means or containers for communication. One of the means of digital communication is by using new media. New media is useful for making communication or sharing information more effective. Website is the choice for the Community Information Group Communication Forum in collaboration with the Bandung City Diskominfo in opening public information facilities through the website, namely kim.bandung.go.id. The purpose of this study is to find out how the kim.bandung.go.id website is managed as a public information medium. This research uses a case study qualitative method with a constructivism paradigm. The theory used to support this research is the new media theory. Data collection techniques were carried out by observation, interviews, and data analysis. The results of this study, the kim.bandung.go.id website has a structured management process to become public information, one of the management processes is by implementing digital coordination and carrying out website management procedures. In addition to providing public information, this website can also be used as a means of socializing programs, communication tools, conveying information, entertainment and adding insight. The kim.bandung.go.id website is a tool to hone citizen journalism, because the content on this website is news where the community is involved as a contributor in adding content to the website. This is applied to create information transparency. The conclusion from this research is that the kim.bandung.go.id website seeks to create information transparency by implementing citizen journalism so that information can be captured directly by Diskominfo.

Abstrak. Perkembangan teknologi memberikan kemudahan berkomunikasi dengan melalui komunikasi digital. Proses komunikasi digital ini didukung dengan hadirnya sarana atau wadah untuk berkomunikasi. Sarana berkomunikasi digital salah satunya yaitu dengan menggunakan media baru. Media baru bermanfaat membuat komunikasi atau membagikan informasi menjadi lebih efektif. Website menjadi pilihan bagi Forum Komunikasi Kelompok Informasi Masyarakat bekerja sama dengan Diskominfo Kota Bandung dalam membuka sarana informasi masyarakat melalui website yaitu kim.bandung.go.id. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengelolaan website kim.bandung.go.id sebagai media informasi publik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif studi kasus dengan paradigma konstruktivisme. Teori yang digunakan sebagai penunjang penelitian ini yaitu teori new media. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan analisis data. Hasil dari penelitian ini website kim.bandung.go.id ini memiliki proses pengelolaan yang terstruktur untuk menjadi sebuah informasi publik salah satu proses pengelolaannya dengan menerapkan koordinasi digital dan melakukan prosedur pengelolaan website. Pemanfaatan website ini juga selain untuk informasi publik dapat dimanfaatkan sebagai sarana sosialisasi program, alat komunikasi, mengangkat informasi, sarana hiburan dan menambah wawasan. Website kim.bandung.go.id ini menjadi alat untuk mengasah citizen journalism, karena konten dalam website ini merupakan sebuah berita yang dimana masyarakat dilibatkan sebagai kontributor dalam penambahan konten di website. Hal tersebut diterapkan untuk menciptakan transparasi informasi. Kesimpulan dari penelitian ini website kim.bandung.go.id berupaya menciptakan transparasi informasi dengan menerapkan citizen journalism agar informasi dapat ditangkap secara langsung oleh Diskominfo.

References

Anwar, R. K., & Rusmana, A. (2017). Komunikasi Digital Berbentuk Media Sosial Dalam Meningkatkan Kompetensi Bagi Kepala, Pustakawan, dan Tenaga Pengelola Perpustakaan Sekolah/Madrasah di Desa Kayu Ambon, Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat. Dharmakarya, 6(4).

Santoso, H. B., Delima, R., & Wibowo, A. (2019). Pelatihan Pengembangan Web Profil Desa bagi Aparatur Pemerintah Desa. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 10(1), 41-48.

Bekti, B. H. (2015). Mahir membuat website dengan adobe dreamweaver CS6, CSS dan jquery. Yogyakarta: Andi, 35.

Sulaeman, F. S., & Permana, I. H. (2021). Sistem Monitoring Penerapan Rencana Anggaran Biaya Berbasis Web. IKRAITH-Teknologi, 5(1), 24-31.

Rinaldi, R., & Hernawati, R. (2019). Aktivitas Digital PR Humas Kota Bandung sebagai Media Informasi dan Publikasi. Prosiding Hubungan Masyarakat, 162-170.

Alviani, S. R., & Gusnita, C. (2018). Analisis media sosial sebagai pembentuk konflik sosial di masyarakat. In Open Society Conference.

Novi Kurnia, “Perkembangan Teknologi Komunikasi dan Media Baru: Implikasi Terhadap Teori Komunikasi”, Jurnal Risalah No. 56/DIKTI/Kep/2005, 292-294

Nugraha Jevi. (2021). Mengenal Pengertian Masyarakat Beserta Fungsinya. https://www.merdeka.com/jateng/mengenal-pengertian-masyarakat-beserta-fungsinya-perlu-diketahui-kln.html

Become A Writer Today. (2023). What is Citizen Journalism. https://www.becomeawritertoday.com/what-is-citizen-journalism/

Published
2023-08-06